Pejuang Diet, Ini 12 Alternatif Makanan Pengganti Nasi yang Sehat dan Enak

- 12 September 2022, 08:15 WIB
Ilustrasi nasi putih.
Ilustrasi nasi putih. /Pixabay.com/SpencerWing

PRFMNEWS - Indonesia sebagai negara agraris, menempatkan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Nasi sendiri memiliki karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi. Dengan kalorinya yang tinggi, membuat orang-orang cenderung makan lebih sedikit ataupun mencari pengganti nasi.

Pasalnya nasi juga meningkatkan resiko diabetes, karena karbohidrat di dalamnya diubah menjadi gula darah lebih cepat.

Nah, bagi pejuang diet yang sedang menghindari nasi, ada beberapa makanan pengganti yang ternyata bisa jadi pilihan sehat.

Baca Juga: Penderita Diabetes Masih Boleh Makan Nasi Putih dengan Olahan Seperti Ini, Kata dr Ema

Apa saja? Simak makanan pengganti nasi untuk diet berikut ini ya :

1. Quinoa

Meskipun memiliki rasa dan tekstur seperti biji-bijian setelah dimasak, quinoa adalah biji. Pengganti nasi yang populer ini bebas gluten dan jauh lebih tinggi proteinnya daripada nasi.

Quinoa mengandung 9 asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, quinoa juga memiliki sumber mineral seperti magnesium dan tembaga, yang berperan penting dalam metabolisme dan kesehatan tulang.

Untuk memasaknya, campurkan satu bagian quinoa kering dengan dua bagian air dan didihkan. Tutup dan kecilkan api, biarkan mendidih sampai semua air terserap. Angkat quinoa yang sudah dimasak dari api dan diamkan selama 5 menit, lalu haluskan dengan garpu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x