Cara Ampuh Olah Daging Kurban Cepat Empuk dan Lebih Enak dengan Nanas, Pakar IPB Ungkap Alasannya

- 10 Juli 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Daging Kurban
Ilustrasi Daging Kurban /PEXELS/Lukas


PRFMNEWS – Cara atau tips membuat daging kurban Idul Adha lebih cepat empuk dan tidak alot saat dimakan ternyata bisa dilakukan dengan mencampurkannya ke buah nanas.

Cara mengolah daging kurban baik sapi, kambing, atau domba agar lebih empuk dengan nanas ini juga bisa membuat cita rasa daging menjadi lebih enak ketika disantap.

Tips memasak daging hewan kurban jadi lebih empuk dengan nanas terbukti ampuh secara ilmiah yang dijelaskan oleh Dosen IPB dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Dr. Tuti Suryati.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sholat Idul Adha di Istiqlal Bersama para Menteri

Nanas, menurut Tuti Suryati, sudah dikenal masyarakat terutama para ibu rumah tangga sebagai buah yang bermanfaat dalam proses pengempukan daging.

Lalu kandungan apa yang terdapat di dalam nanas sehingga mampu membuat daging lebih cepat empuk?

Peneliti dari Divisi Teknologi Hasil Ternak IPB University tersebut menjelaskan, di dalam buah nanas terkandung enzim bromelin merupakan termasuk jenis enzim protease yang dapat memutuskan ikatan peptida pada protein termasuk pada daging hewan kurban itu.

Baca Juga: Ingin Makan Daging Kurban Khawatir Kolesterol Naik? Konsumsi 2 Bumbu Dapur Ini Sebagai Penangkal Kolesterol

Terputusnya ikatan peptida pada protein, lanjut Tuti, menyebabkan hidrolisis atau degradasi protein sehingga menjadi potongan-potongan peptida atau bentuk lebih sederhana dari protein.

Bromelin juga dapat bekerja pada jaringan kolagen yang merupakan protein pada jaringan ikat, protein miosin, protein miofibrilar, atau serabut daging.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x