3 Pilihan Terapi untuk Penderita Gagal Ginjal Kronis atau Penunan Fungsi Ginjal Hingga 15 Persen

- 3 Juli 2022, 19:10 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Foto: Hidaya Aliouche/rosacea.org/

PRFMNEWS - dr. Ema Surya Pertiwi menjelaskan 3 pilihan terapi atau treatment untuk penderita gagal ginjal kronis atau penurunan fungsi ginjal hingga 15 persen.

Ada 3 pengobatan yang ditawarkan untuk penderita gagal ginjal, yaitu Hemodialisa, CAPD (Continous Ambulatory Peritoneal Dialisis), dan Transplantasi ginjal.

Dokter Ema kali ini akan membahas tentang pro dan kontra dari 3 pilihan terapi tersebut hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap pengobatannya. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari kanal YouTube Emasuperr.

Baca Juga: Hati-hati Penipuan, Niat Berangkat ke Tanah Suci, 46 Jemaah Haji Justru Dipulangkan ke Tanah Air

1. Hemodialisa

Pengobatan hemodialisa ini adalah proses mencuci darah yang dilakukan dengan metode serta alat khusus untuk menyaring darah sampai darah bersih, penuh nutrisi hingga bisa digunakan kembali.

Prosedur cuci darah hemodialisa bisa berbeda setiap individu, tergantung tingkat keparahan, diagnosis, usia, dan jenis kelamin.

Rata-rata diperlukan 2-3 kali setiap minggu untuk melakukan hemodialisis.

Kekurangan hemodialisis yang pertama adalah faktor biaya, satu kali proses cuci darah dapat memerlukan Rp800.000 hingga dengan Rp1500.000 dan diperlukan 2-3 kali setiap minggu untuk satu pasien.

Untungnya untuk pengobatan hemodialisis bisa ditanggung oleh BPJS sekitar 92 juta pertahun.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube Emasuperr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x