5 Makanan ini Penyebab Gagal Ginjal Terbesar kata dr. Saddam Ismail, Nomor 3 Tidak Terduga

- 3 Juli 2022, 09:50 WIB
5 Makanan ini Penyebab Gagal Ginjal Terbesar kata dr. Saddam Ismail
5 Makanan ini Penyebab Gagal Ginjal Terbesar kata dr. Saddam Ismail /Tangkap layar YouTube.com/ Saddam Ismail

PRFMNEWS – Healthy vlogger dokter Saddam Ismail mengungkap ada lima makanan dan minuman yang menjadi penyebab terbesar ginjal rusak atau dikenal gagal ginjal.

Daftar lima makanan dan minuman penyebab gagal ginjal ini, kata dr. Saddam Ismail bagi sejumlah orang terkadang jarang disadari bahkan seolah disepelekan.

Padahal, kerusakan ginjal sangat rentan terjadi pada seseorang yang rutin mengonsumsi lima makanan dan minuman yang mudah dijumpai ini dalam kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga: 6 Rempah Penyedap Rasa Pengganti Garam Cegah Darah Tinggi, Makanan Tetap Enak Juga Sehat Kata dr Saddam Ismail

Lima makanan dan minuman ini tak hanya bisa merusak ginjal, juga dapat memicu diabetes, berat badan berlebih, tekanan darah tinggi, nyeri akibat peradangan, tulang mudah keropos, dan komplikasi penyakit berbahaya lain.

Menurut dr. Saddam Ismail penderita gagal ginjal tidak terjadi secara tiba-tiba, namun bertahap dan gejalanya pun tidak langsung muncul serta dirasakan penderitanya dalam hitungan hari saja.

dr. Saddam Ismail menjelaskan, ginjal berfungsi membuang kelebihan cairan, garam, produk-produk kimia yang sudah tidak dibutuhkan tubuh. Dengan kata lain, ginjal membuang sisa-sisa metabolisme tubuh dalam bentuk urine.

Baca Juga: Perhatikan 10 Penyebab Ginjal Rusak Menurut dr. Ema, Nomor 4 Merupakan Rutinitas Semua Orang

Jika ginjal rusak, maka organ vital ini tidak mampu menjalankan fungsinya tersebut dengan optimal. Akibatnya, terjadi penumpukan racun atau limbah di darah dan tubuh, sehingga memicu komplikasi penyakit berbahaya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x