Hati-hati Penipuan, Niat Berangkat ke Tanah Suci, 46 Jemaah Haji Justru Dipulangkan ke Tanah Air

- 3 Juli 2022, 13:40 WIB
Ilustrasi ibadah haji/Pikiran Rakyat/M Arief Gunawan.
Ilustrasi ibadah haji/Pikiran Rakyat/M Arief Gunawan. /


PRFMNEWS - Pemerintah meminta masyarakat berhati hati terhadap modus penipuan travel yang menjanjikan bisa memberangkatkan haji melalui jalur yang tidak resmi.

Hal itu terkait kasus pemulangan 46 jemaah mandiri (furoda) asal Indonesia dari Arab Saudi yang tersandung masalah keimigrasian.

Sebelumnya, ada 46 warga negara Indonesia (WNI) yang tertahan di Imigrasi Arab Saudi setibanya mereka di Jeddah pada Kamis 30 Juni 2022 dini hari.

Baca Juga: Bisa Fatal, Jemaah Haji Diimbau Tak Buang Puntung Rokok Sembarangan

Mereka berangkat ke Arab Saudi dengan penerbangan reguler, dan mendarat di Bandara Internasional Jeddah, Arab Saudi. Mereka tidak lolos proses imigrasi setelah diketahui bahwa visa yang dibawa tidak ditemukan dalam sistem imigrasi Arab Saudi. Berdasarkan pengakuan, mereka menggunakan visa dari Singapura dan Malaysia.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief mengaku prihatin dengan peristiwa tersebut. Apalagi kedatangan 46 WNI ini ke Arab Saudi dengan niat untuk menunaikan ibadah haji.

“Saat ini ke-46 warga Indonesia itu ini sudah dipulangkan kembali ke Indonesia. Kami berharap masyarakat (jemaah) bisa lebih berhati hati dalam hal ini,” kata Hilman, di kantor Daker Mekah, Sabtu 2 Juli 2022 malam waktu setempat.

Baca Juga: Suhu Panas di Arab Saudi Bisa Timbulkan Masalah Pada Kulit, Dokter Kulit Sarankan Jamaah Haji Lakukan Ini

Pemerintah berempati dengan adanya kasus tersebut. Namun, dia menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa memberikan slot bagi jemaah tersebut untuk tetap menunaikan ibadah haji. Apalagi, apa yang dilakukan oleh mereka adalah sebuah pelanggaran.

Disinggung soal kemungkinan pihak Kemenag akan memproses kasus ini ke jalur pidana, Hilman menyatakan bahwa akan mendiskusikan kembali dengan pihak berwenang.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x