Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Ubah Jadwal Pelaksanaan Lempar Jumroh karena Cuaca yang Sangat Panas

- 29 Juni 2022, 21:38 WIB
Calon Jemaah Haji Diimbau Dua Hal Ini Sebelum Berangkat dari Madinah ke Mekkah pada Besok /Antara Foto/
Calon Jemaah Haji Diimbau Dua Hal Ini Sebelum Berangkat dari Madinah ke Mekkah pada Besok /Antara Foto/ /jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/

PRFMNEWS - Perubahan jadwal pelaksanaan lempar jumrah harus dilakukan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Langkah ini mereka lakukan dikarenakan kondisi cuaca Arab Saudi yang sangat panas.

Jadwal baru lempar jumrah dari Kementerian Arab Saudi ini disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arsyad Hidayat saat ditemui Tim Media Center Haji (MCH) usai saat memimpin rapat persiapan Armuzna di Kantor Urusan Haji Indonesia, di Jeddah, Rabu 29 Juni 2022.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menetapkan bahwa jadwal lempar jumrah Aqabah Tahun ini akan dilakukan pada 10 Zulhijjah dan dimulai sejak dini hari sampai pukul 04.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Baca Juga: 9 Ciri Ginjal Rusak yang Bisa Diketahui Melalui Kulit, Salah Satunya Sering Terasa Gatal Disekujur Tubuh

Kemudian untuk diluar jam tersebut, lempar jumrah Aqabah akan dilakukan mulai pukul 16.00 WAS atau selepas waktu Ashar sampai pukul 21.00 WAS.

"Pemilihan waktu juga melihat kondisi dari cuaca yang sangat panas, akan lebih baik dan maslahat jika dilakukan di waktu yang saya sampaikan tadi," tutur Arsyad Hidayat di Jeddah, pada Rabu 29 Juni 2022, seperti yang dikutip prfmnews.id dari Laman Resmi Kemenag.

Tidak hanya itu, penyesuaian juga dilakukan pada saat jamaah melakukan lempar jumrah di Hari Tasyrik.

Arsyad menyebutkan bahwa sebanyak 50 persen jemaah Indonesia akan melontar jumrah dari tengah malam hingga pukul 06.00 WAS. Sisanya akan melempar jumrah mulai pukul 17.00 WAS hingga 22.00 WAS.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x