Hampir 90 Persen Jemaah Haji Asal Indonesia Sudah Tiba di Mekah

- 1 Juli 2022, 15:31 WIB
Jemaah haji asal Indonesia di Mekah.
Jemaah haji asal Indonesia di Mekah. /M. Arief Gunawan / Pikiran Rakyat

PRFMNEWS - Sudah hampir 90 persen jemaah Indonesia saat ini berada di Mekah, Arab Saudi. Kantor Urusan Haji (KUH) RI mencatat per 30 Juni 2022 malam, sebanyak 84.889 calon haji reguler sudah tiba di Arab Saudi.

"Alhamdulillah jamaah haji sudah berangsur-angsur tiba di Kota Mekkah. Sampai dengan saat ini kurang lebih tinggal 10 persen lagi jamaah kita yang belum tiba," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah, Mukhammad Khanif, di Mekah, Jumat (1/7/2022).

Dengan demikian tinggal 15.207 jemaah lagi yang belum berangkat ke Arab Saudi. Berdasarkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) Tahun 1443 H/2022 M, akhir pemberangkatan jamaah haji gelombang kedua dari Tanah Air ke Jeddah dijadwalkan pada 3 Juli 2022.

Baca Juga: Gagal ginjal bisa Ditandai Cepat Lelah, Begini Cara Mengatasinya kata dr. Saddam Ismail

"Kita harapkan sampai tanggal 4 Juli seluruh jamaah haji sudah tiba di Mekkah," ujarnya.

Pada Jumat, akan ada 3.376 calon haji gelombang kedua yang terbang ke tanah suci yang tergabung dalam sembilan kloter yang diberangkatkan dari enam embarkasi.

Jumlah itu terdiri atas dua kloter dari Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 786 calon haji, dua kloter dari Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 720 calon haji. Lalu dua kloter dari Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 900 calon haji.

Baca Juga: Kabar Duka, Menteri Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Hari ini, Sempat Dirawat di Rumah Sakit

Selain itu, satu kloter dari Embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 calon haji, satu kloter dari Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 410 orang dan satu kloter dari Embarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 110 calon haji.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x