Cara Mudah Deteksi Gula Darah Tinggi di Rumah untuk Cegah Diabetes, Cukup Perhatikan 5 Gejala Tubuh ini

- 2 Juli 2022, 20:30 WIB
5 gejala umum kadar gula darah tinggi, nomor tiga doyan makan tapi berat badan turun.
5 gejala umum kadar gula darah tinggi, nomor tiga doyan makan tapi berat badan turun. /Tangkapan Layar YouTube /Saddam Ismail

PRFMNEWS - Cara mudah mendeteksi kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) pada tubuh agar cegah menderita penyakit diabetes pada seseorang ternyata bisa dilakukan di rumah tanpa alat bantu.

Healthy vlogger dokter (dr) Saddam Ismail menyebut, cara mengecek gula darah tinggi dapat diketahui dari lima gejala alamiah yang umumnya muncul pada tubuh Anda.

Lima gejala atau tanda tubuh saat memiliki gula darah tinggi, kata dr. Saddam Ismail kadang tidak disadari karena pada sejumlah orang tanda ini tak menimbulkan keluhan rasa sakit yang mengganggu.

Namun, lima tanda tubuh saat gula darah tinggi ini, menurut dr. Saddam Ismail perlu diketahui lebih dini agar terhindar dari ancaman diabetes, sebab jika dibiarkan berpotensi memicu komplikasi penyakit berbahaya lain pada sejumlah organ vital tubuh.

Baca Juga: 3 Tips Alami Obati GERD dan Asam Lambung Kata dr. Zaidul Akbar, Bisa Air Tajin

Gejala-gejala tubuh ketika mengalami gula darah tinggi untuk menghindari ancaman diabetes ini, ujar dr. Saddam Ismail bisa muncul pada siapa saja, tak terbatas usia muda atau tua juga dapat dirasakan oleh pria maupun wanita.

Jika dicek, kadar gula darah sewaktu dikatakan normal bila berada di bawah 200 mg/dL, sedangkan gula darah puasa berada di bawah 126 mg/dL.

Ketika melebihi batas tersebut, maka seseorang dikategorikan miliki kadar gula tinggi yang berpotensi besar menderita diabetes jika tidak segera ditangani.

Kadar gula darah bersifat fluktuatif sehingga bisa naik/turun sewaktu-waktu. Selama angka perubahan tidak naik drastis melebih batas normal maka masih dikatakan wajar.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x