Ini 5 Hal Penting yang Boleh dan Jangan Dilakukan Sebelum Disuntik Vaksin Booster

- 13 Januari 2022, 12:10 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19.
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. /Humas kota Bandung

PRFMNEWS – Sedikitnya ada lima hal penting yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan sebelum menerima suntik dosis vaksin booster Covid-19 (vaksin ketiga).

Lima hal ini wajib Anda perhatikan agar manfaat vaksin booster yang diterima lebih maksimal, yakni melindungi tubuh dari gejala berat virus Covid-19 termasuk varian Omicron.

Berikut lima hal wajib yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum Anda menerima suntik vaksin booster, dilansir prfmnews.id dari PMJ News pada Kamis 13 Januari 2022.

Baca Juga: Tuntutan Hukuman Mati Kepada Herry Wirawan Ditentang Komnas HAM

1. Jangan konsumsi minuman beralkohol
Sebelum maupun sesudah menerima vaksinasi booster Covid-19, Anda sangat disarankan tidak mengonsumsi minuman beralkohol.

Kandungan alkohol disebut bisa mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan. Alkohol dapat mengganggu kerja imun sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh.

Baca Juga: Penerima Vaksin Booster Wajib Miliki Tiket, Begini Cara Cek Tiket Vaksin Booster

2. Jangan stres
Pastikan kondisi tubuh dan pikiran Anda rileks sebelum disuntik vaksin booster. Rasa cemas dan stres sangat berpengaruh pada sistem kerja imun tubuh.

Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, serta menurunkan tingkat limfosit (sel darah putih) yang berperan mencegah infeksi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x