Proyek 4 Transportasi Massal Bandung Raya KRL hingga Kereta Gantung Butuh Rp100 T Selama 15 Tahun

- 29 Agustus 2023, 13:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan operasional Bus Rapid Transit (BRT) Trans Pakuan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan operasional Bus Rapid Transit (BRT) Trans Pakuan /HUMAS JABAR

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan untuk mewujudkan proyek empat transportasi massal terintegrasi di kawasan Bandung Raya diperkirakan butuh waktu 15 tahun dan dana hingga Rp100 triliun.

Kata Ridwan Kamil, empat transportasi massal yang diproyeksikan hadir melayani mobilitas masyarakat Bandung Raya ini berkonsep ramah lingkungan dan nyaman. Sehingga diharapkan transformasi mobilitas dari kendaraan pribadi ke transportasi massal bisa terwujud.

Empat transportasi massal yang menjadi target Ridwan Kamil untuk dihadirkan di kawasan Bandung Raya adalah Bus Rapid Transit (BRT), Kereta Rel Listrik (KRL), Cable Car (Kereta Gantung), dan Lintas Raya Terpadu (LRT).

Baca Juga: Rute BRT Trans Bagja yang Baru Diresmikan Ridwan Kamil H-7 Akhir Masa Jabatan

“BRT, KRL, LRT, dan Cable Car adalah rencana utama masa depan transportasi massal Bandung Raya,” ungkap Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Senin 28 Agustus 2023.

Ridwan Kamil menyatakan, transformasi mobilitas dari kendaraan pribadi ke transportasi massal sangat dibutuhkan, karena jika tidak, Bandung Raya akan menghadapi kemacetan parah.

”Kalau (transformasi) tidak dilakukan, dalam hitungan tujuh tahun ke depan keluar rumah sudah macet total. Jadi, ini adalah upaya dari kita terus menghadirkan transportasi massal yang maksimal,” ujar Kang Emil saat meresmikan operasional BRT Bandung Raya “Trans Bagja” di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu 27 Agustus 2023.

Baca Juga: Resmikan BRT Berbasis Listrik di Bandung, Ridwan Kamil: Transformasi Transportasi Massal yang Ramah Lingkungan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x