Resmikan BRT Berbasis Listrik di Bandung, Ridwan Kamil: Transformasi Transportasi Massal yang Ramah Lingkungan

- 27 Agustus 2023, 19:26 WIB
Gubernur Ridwan Kamil saat resmikan BRT
Gubernur Ridwan Kamil saat resmikan BRT /Humas Jabar

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) berbasis listrik yang beroperasi di Bandung Raya. Bus listrik yang dioperasikan sebanyak 20 unit bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Hari ini kita resmikan pengoperasian 20 bus dari bantuan Kemenhub (Kementerian Perhubungan) dengan rute Padalarang – Leuwipanjang,” kata Ridwan Kamil, dikutip dari keterangannya, Minggu, 27 Agustus 2023.

Kang Emil, sapaan akrabnya, menuturkan transformasi transportasi massal berbahan bakar listrik tersebut merupakan komitmen Pemda Provinsi Jabar menghadirkan kendaraan ramah lingkungan, khususnya di kawasan aglomerasi Bandung Raya.

Baca Juga: Daftar Nama Juara Lomba Kereta Peti Sabun di Kota Bandung 2023

“Transformasi transportasi massal di Bandung Raya sedang kita akselerasi. Inilah masa depan bahwa transportasi massal di Jabar, khususnya bus berbasis listrik. Butuh waktu, tapi OTW (on the way) menuju ke sana,” kata mantan Walikota Bandung tersebut.

Di wilayah Bandung Raya terdapat 20 rute BRT yang menghubungkan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, serta Kabupaten Sumedang.

Ridwan Kamil mengatakan, BRT tersebut di masa mendatang akan digabungkan dengan transportasi massal berbasis rel dan kereta gantung (cable car).

Baca Juga: Tekan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Pemkot Bandung Perkuat Peran Puspel PP

“Total BRT 20 rute digabungkan nanti penguatan transportasi massal berbasis rel dan cable car,” kata dia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x