Mulai Oktober, Bandara Husein dan Kertajati Beroperasi Layani Penerbangan Beda Jenis Pesawat dan Rute

- 14 Juli 2023, 21:00 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati /Dok BIJB

PRFMNEWS – PT Angkasa Pura II Persero (AP II) memastikan Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat masih tetap beroperasi melayani sejumlah penerbangan dengan jenis pesawat tertentu mulai Oktober 2023.

Kabar ini diumumkan Angkasa Pura II menyusul pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa penerbangan komersial di Bandara Husein Sastranegara Bandung akan dipindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka mulai Oktober 2023.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, rencananya mulai Oktober 2023, Bandara Husein Sastranegara dan BIJB Kertajati akan sama-sama beroperasi meski dengan layanan penerbangan menggunakan jenis pesawat dan fokus rute yang berbeda.

Baca Juga: Ditangkap Polisi, Preman Viral Bawa Sajam dan Pistol Ancam Wanita di Garut Sudah 4 Kali Dipenjara

Terkait jadwal dan rute penerbangan yang akan dilayani di Bandara Husein Sastranegara dan BIJB Kertajati mulai Oktober 2023 dengan pola pengelolaan multi-airport system di mana dua bandar udara di Jabar tersebut beroperasi saling mendukung ini masih dalam tahap pembahasan.

Keberadaan Bandara Husein Sastranegara dan BIJB Kertajati yang akan beroperasi berbarengan, menurut Awaluddin, akan lebih optimal dalam menunjang dilakukannya penataan rute penerbangan di Jabar.

"Di dalam mengelola Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Kertajati, AP II menerapkan konsep multi-airport system yang akan mengedepankan dan mensinergikan strategi bisnis dan potensi masing-masing bandara untuk saling mendukung," kata Awaluddin dalam keterangan resminya, Selasa 11 Juli 2023.

Baca Juga: Kemenparekraf Siapkan Paket Wisata dan Pameran Ekraf Sambut 2 Event Olahraga Internasional

Adapun jenis pesawat yang penerbangannya masih akan dilayani dari Bandara Husein Sastranegara mulai Oktober 2023, ujar dia, adalah khusus pesawat baling-baling (propeller).

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x