Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup Setelah Beroperasi 30 Tahun, Ratusan Karyawan Terkena PHK

- 6 Mei 2024, 12:00 WIB
Logo Bata. Pabrik Bata di Purwakarta PHK ratusan karyawan karena merugi.
Logo Bata. Pabrik Bata di Purwakarta PHK ratusan karyawan karena merugi. /Bata/bata.com

PRFMNEWS - PT Sepatu Bata Tbk (BATA) resmi menutup pabriknya yang berada di kawasan Purwakarta, Jawa Barat. Ratusan karyawan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat ditutupnya pabrik sepatu Bata.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta mengungkapkan bahwa sebanyak 233 orang terkena PHK dampak penutupan pabrik BATA tersebut.

Pihak Manajemen menjelaskan diberhentikannya operasional pabrik sepatu Bata di Purwakarta sudah dilakukan sejak 30 April 2024 lalu merupakan bagian dari upaya perseroan untuk bertahan di tengah kerugian dan tantangan industri akibat pandemi serta perubahan perilaku konsumen yang begitu cepat.

Perseroan sudah tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta karena permintaan pelanggan terhadap jenis produk yang dibuat di Pabrik Purwakarta terus menurun.

Baca Juga: RUU ASN Disahkan Jadi Undang-undang, Tenaga Honorer Dipastikan Tak Kena PHK Massal

"Pihak perusahaan telah melaporkan akan menyelesaikan seluruh hak-hak karyawannya yang di PHK, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Purwakarta Didi Garnadi dikutip dari ANTARA.

Berdasarkan laman resminya, mulanya Bata merupakan perusahaan asing yang didirikan pengusaha bernama Tomas Anna dan Antonin Beta pada 1894 di Zlin, Cekoslowakia.

Perusahaan ini hadir di Indonesia sejak tahun 1931 sebagai importir sepatu yang beroperasi di Tanjung Priok. Enam tahun setelahnya produksi secara lokal mulai dibuka di Kalibata, Jakarta Selatan.

Nama alamatnya pun masih terpampang dalam laman situs jejaring resminya yang beralamat di Jl. Kalibata Raya, Jakarta Selatan. Selanjutnya produksi sepatu yang terjadi pada mulai 1940.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah