Sejarah Gedung Pakuan, Melihat Kembali Bangunan Ikonik yang Dibangun 160 Tahun Lalu

- 6 Mei 2024, 10:00 WIB
Gedung Pakuan di Kota Bandung Kini jadi destinasi Wisata Edukasi, simah cara revervasi melalui aplikasi sapa warga
Gedung Pakuan di Kota Bandung Kini jadi destinasi Wisata Edukasi, simah cara revervasi melalui aplikasi sapa warga /Dinas Komunikasi dan Informatika/

PRFMNEWS - Gedung Pakuan merupakan rumah kediaman formal Residen Priangan sejak zaman kolonial Belanda.

Gedung Pakuan dibangun sehubungan dengan perintah Gubernur Jenderal Ch.F. Pahud. Sebab, pemindahan ibu kota Karesidenan Priangan dari Cianjur ke Bandung.

Tapi, pemindahan ibu kota karesidenan tersebut baru bisa diterapkan oleh Residen Van der Moore pada tahun 1864, setelah Gunung Gede meletus dan menghancurkan Kota Cianjur.

Baca Juga: Gratis Tur Wisata ke Sejumlah Ruangan di Gedung Pakuan, Pengunjung Bawa Kendaraan Bisa Parkir di Sini

Proses pembangunan Gedung Pakuan dimulai sejak tahun 1864 dan selesai pada tahun 1867 dengan mengerahkan sejumlah anggota Insinyur Militer Belanda.

Gedung Pakuan mempunyai langgam arsitektur Indische Empire Stijl yang anggun monumental serta paling digemari oleh Jenderal Herman Willem Daendels.

Konstruksi tersebut dirancang oleh Insinyur Kepala Departement van Burgerlijke Openbare Werken (B.O.W), yang menjadi staff dari Residen Van der Moore.

Baca Juga: Jadi Tempat Wisata Gratis, Ini Jadwal dan Cara Pesan Tiket Masuk ke Gedung Pakuan Bandung

Insinyur tersebut juga merupakan orang yang merancang konstruksi Sakola Raja pada tahun 1866. Saat ini Sakola Raja menjadi Kantor Polrestabes Bandung.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah