Layanan Psikososial DT Peduli Bantu Kembalikan Semangat Anak-Anak Pengungsi Gempa di Cianjur

- 8 Desember 2022, 18:00 WIB
Layanan psikosisal DT Peduli pada anak-anak korban gempa bumi Cianjur, Kamis 8 Desember 2022.
Layanan psikosisal DT Peduli pada anak-anak korban gempa bumi Cianjur, Kamis 8 Desember 2022. /DT Peduli

PRFMNEWS – Berbagai upaya terus dilakukan DT Peduli untuk membantu para terdampak gempa Cianjur. Selain bantuan logistik, DT Peduli juga membantu memulihkan kesehatan fisik dan psikis terdampak melalui layanan kesehatan keliling dan dukungan psikososial.

Melalui program ini, para relawan menghibur anak-anak dengan berbagai kegiatan menarik namun tetap mendidik. Kepala Kantor Perwakilan DT Peduli Jawa Barat, Rizkia Ananda Winda, berharap, layanan dukungan psikososial dapat membantu meringankan beban psikis atau trauma anak-anak saat gempa beberapa waktu lalu.

“Anak-anak termasuk golongan yang rentan. Saat kejadian, ada yang tertimpa bangunan, ada yang nangis histeris, terluka, ada yang kehilangan hartanya, orang tuanya, dan sekarang mereka terpaksa tinggal bersama di pengungsian,”katanya, Kamis 8 Desember 2022.

Baca Juga: Bagaimana Hukumnya Membatalkan Shalat Saat Terjadi Gempa ? Simak Penjelasan Kemenag

Rizkia menambahkan, saat ini DT Peduli masih memberikan layanan tersebut kepada anak-anak. Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan adalah mengaji bersama, bermain bersama, kuis, dongeng, menggambar, mewarnai, dan sebagainya.

“Kemarin juga kedatangan teman-teman dari THT (Trauma Healing Team) yang mengajak adik-adik bermain dan belajar. Alhamdulillah, anak-anak semangat dan gembira,” lanjutnya.

Layanan dukungan psikososial dilakukan tim sejak hari ketiga pascabencana hingga saat ini. Sebelumnya, program ini dilakukan dari tenda ke tenda, namun kini program difokuskan di Pos Tangguh di Kampung Bayabang, Desa Talaga, Kecamatan Cugenang.

Baca Juga: Hasil BWF World Tour Final 2022: Apriyani-Fadia Kalah Ditumbangkan Wakil China

Kegiatan ini rupanya disambut antusias para orang tua. Mereka mengaku senang lantaran anak-anak memiliki kegiatan bermanfaat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x