Komitmen Kelola Sampah Sungai Citarum Jadi Bermanfaat, Ridwan Kamil: TPS Terpadu Canggih Segera Diresmikan

- 19 November 2022, 14:30 WIB
Rencana peresmian TPS Terpadu ini diungkap Ridwan Kamil usai menandatangani komitmen bersama dan rencana aksi pengelolaan sampah di Daerah Aliran Sungai Citarum
Rencana peresmian TPS Terpadu ini diungkap Ridwan Kamil usai menandatangani komitmen bersama dan rencana aksi pengelolaan sampah di Daerah Aliran Sungai Citarum /HUMAS JABAR

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan, fasilitas canggih Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) untuk mengelola sampah di aliran Sungai Citarum menjadi lebih bermanfaat akan segera diresmikan.

Rencana peresmian TPS Terpadu ini diungkap Ridwan Kamil usai menandatangani komitmen bersama dan rencana aksi pengelolaan sampah di Daerah Aliran Sungai Citarum yang berlaku 2022-2025 bersama Pemerintah Pusat.

Penandatanganan komitmen mengelola sampah di aliran Sungai Citarum agar lebih bermanfaat dan air sungai jadi lebih bersih oleh Ridwan Kamil ini digagas Kemendagri yang diikuti pula oleh Bupati Bandung, Purwakarta, Karawang, Bandung Barat, Wali Kota Bandung, dan Wali Kota Cimahi.

Baca Juga: Pemkab Bandung Barat Siapkan TPST Pengganti TPA Sarimukti

Sementara dari kementerian, yakni Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, serta Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Dua minggu lagi kita akan meresmikan fasilitas canggih TPS Terpadu. Itu juga akan menjadi sebuah upaya hanya harus jumlahnya banyak," kata Ridwan Kamil di Jakarta, Jumat 18 November 2022.

Ridwan Kamil juga menyampaikan progres revitalisasi Sungai Citarum yang sangat luar biasa dan mengalami banyak percepatan. Salah satunya status Citarum dari awal 2018 cemar berat, sekarang sudah cemar ringan.

Baca Juga: Verifikasi dan Validasi Warga Terdampak Citarum Harum Disoroti DPRD Kota Bandung

"Sungai Citarum hingga kini masih mengalami masalah sampah yang tidak boleh dibiarkan menumpuk, dan harus dikelola dengan baik," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah