Pemkab Bandung Barat Siapkan TPST Pengganti TPA Sarimukti

- 4 Februari 2020, 20:59 WIB
TPA Sarimukti di Cipatat, KBB.*/CECEP WIJAYA SARI/PR
TPA Sarimukti di Cipatat, KBB.*/CECEP WIJAYA SARI/PR /Cecep Wijaya Sari/

BANDUNG, (PRFM) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat mulai menyiapkan ancang-ancang untuk menggantikan peran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti. Pasalnya, TPA Sarimukti dipastikan berhenti operasi pada 2023 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat, Apung Hadiat Purwoko menyatakan, pihaknya telah berencana untuk membangun Tempat Pembungan Sampah Terpadu (TPST) untuk menggantikan peran TPA Sarimukti.

Menurut Apung, TPST tersebut bakal berlokasi dekat dengan TPAS Sarimukti, yakni di wilayah Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

"Ditargetkan tahun 2021 mendatang sudah bisa mulai pembebasan lahan untuk TPST khusus wilayah Kabupaten Bandung Barat. Kami belum bisa memastikan seberapa luas nantinya TPSP wilayah Kabupaten Bandung Barat. Tergantung ketersediaan anggaran," jelasnya saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Selasa (4/2/2020).

Baca Juga: Wilayah Jabar Masih Aman dari Paparan Virus Corona

Dijelaskan Apung, TPST perlu dihadirkan agar volume sampah dari wilayah Kabupaten Bandung Barat bisa dikurangi saat disalurkan ke TPA Legoknangka di Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah menyiapkan TPA Legoknangka sebagai tempat pengelolaan sampah dari seluruh wilayah Bandung Raya.

"Kami targetkan pada tahun 2023 TPSP untuk wilayah Kabupaten Bandung Barat sudah bisa direalisasikan. Sehingga kita bisa kelola sendiri sampah yang dihasilkan oleh warga Kabupaten Bandung Barat," kata Apung.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah