Kemenkes Ungkap 91 Kasus Hepatitis Akut Misterius Terdeteksi di Indonesia, Jawa Barat Sumbang 1 Kasus

- 17 September 2022, 06:45 WIB
Ilustrasi hepatitis akut misterius di Indonesia. Di Jawa Barat ada 1 kasus hepatitis akut misterius.
Ilustrasi hepatitis akut misterius di Indonesia. Di Jawa Barat ada 1 kasus hepatitis akut misterius. /Metro.co.uk/

PRFMNEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap total 91 temuan kasus hepatitis akut misterius atau belum diketahui penyebabnya pada pasien di bawah 16 tahun di 22 provinsi termasuk Jawa Barat (Jabar) hingga Kamis, 15 September 2022.

Dari total temuan kasus hepatitis akut misterius tersebut, sebanyak 35 di antaranya berstatus probable (dugaan), 7 lainnya pending karena menunggu hasil pemeriksaan laboratorium, dan 49 discarded (disingkirkan) karena menderita penyakit lain.

"Ada yang meninggal 11 orang atau 26 persen dan 22 orang atau 52,3 persen sembuh," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam konferensi pers secara online di Jakarta, Jumat 16 September 2022.

Baca Juga: Jelang HJKB 2022, Pemkot Bandung Cat Ulang Kerb dan Perbaiki Lampu Penerang Jalan di Sejumlah Titik

Syahril menambahkan, dari total 42 pasien probable dan pending, temuan kasus penyakit ini lebih dominan terdeteksi pada pria 30 orang dan sisanya 12 wanita.

Kemudian kelompok usia lebih rentan terdeteksi pada 0-5 tahun sebanyak 16 orang, 6-10 tahun 12 orang dan usia 11-16 tahun ada 14 orang.

Sementara, penyakit lain yang masuk kategori discarded didominasi kasus Dengue. Selain itu, ada juga yang terinfeksi bakteri, sepsis, kelainan jantung, leukemia dan lainnya.

Baca Juga: Persib Bandung Berhasil Pertahankan Kemenangan Atas Barito Putera, Luis Milla Senang Bukan Kepalang

Dari 35 kasus probable, Syahril menyebut, DKI Jakarta menjadi penyumbang terbanyak, yakni 12 kasus, DI Yogyakarta 3 kasus, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, dan Bali masing-masing 2 kasus.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x