Pemprov Jabar Siapkan 3 Cara Jitu Hadapi Hepatitis Akut, Ridwan Kamil: Jangan Panik dan Cegah Penularan

- 10 Mei 2022, 17:30 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau persiapan RSHS Bandung untuk menangani kasus Hepatitis Akut pada anak, Senin 9 Mei 2022.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau persiapan RSHS Bandung untuk menangani kasus Hepatitis Akut pada anak, Senin 9 Mei 2022. /HUMAS JABAR

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memastikan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah strategi atau cara jitu menghadapi penyakit Hepatitis Akut yang disebut lebih rentan menyerang anak-anak.

Cara jitu menghadapi Hepatitis Akut pada anak yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar disampaikan Ridwan Kamil saat memantau beberapa ruangan termasuk laboratorium di Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin (RSHS) Bandung guna mengantisipasi fenomena penyakit yang penyebabnya masih belum diketahui pasti tersebut.

Ridwan Kamil mengatakan, cara jitu pertama yang disiapkan Pemprov Jabar yakni membentuk tim ahli dari kesehatan untuk mempersiapkan sejumlah strategi jitu lainnya guna menghadapi potensi merebaknya fenomena terjangkit Hepatitis Akut.

Baca Juga: Film Terbaru Paling Recomended Kombinasi Dalam dan Luar Negeri: Doctor Strange dan KKN di Desa Penari

Lalu kedua, ia memastikan pula bahwa sudah menyiapkan laboratorium khusus di RSHS untuk mengecek spesimen dari seseorang yang dicurigai terjangkit (suspek) Hepatitis Akut.

"Di Jawa Barat tim ahli sudah dibentuk bersama RSHS. Laboratorium disiapkan untuk mengecek apakah ini kategori hepatitis akut dan lain sebagainya. Saya cek sudah siap, bahkan teknologi molekuler terbaru sudah dimiliki," ujarnya, dikutip prfmnews.id dari laman Pemprov Jabar pada Selasa, 10 Mei 2022.

Pria yang akrab disapa Kang Emil lanjut menuturkan, sebagai cara jitu ketiga, pihaknya sudah menyiapkan ruangan-ruangan di RSHS apabila ada pasien suspek Hepatitis Akut.

Baca Juga: Cerita Menkeu Sri Mulyani Kena Covid-19 di AS, Semangati Diri dan Imbau Masyarakat Segera Vaksin Booster

"Ruangan sudah disiapkan, jaga-jaga kalau ada di Jawa Barat. Dari catatan memang (hepatitis akut) terjadinya di usia bayi sampai 16 tahun. Namun kita belum mengetahui alasan sasaran di usia tersebut, tapi statistik menunjukkan itu," ucapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x