Fenomena Hepatitis Akut, Netty Prasetiyani : Gencarkan Penelitian dan Pemeriksaan Spesimen

- 9 Mei 2022, 14:30 WIB
Anggota DPR Fraksi PKS Netty Prasetyani
Anggota DPR Fraksi PKS Netty Prasetyani /fraksi.pks.id

PRFMNEWS - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani yang meminta pemerintah agar menggencarkan penelitian dan pemeriksaan spesimen terkait fenomena hepatitis misterius di Indonesia.

Menurut Netty, hal ini penting dilakukan agar pemerintah tidak salah langkah dalam mengantisipasi penyebaran hepatitis misterius yang sudah menyerang banyak negara.

"Pemerintah harus menggencarkan penelitian dan pemeriksaan penyebab munculnya penyakit tersebut sebelum menentukan langkah selanjutnya," kata Netty dalam keterangan medianya, Minggu 8 Mei 2022.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Cara Cegah Tertular Hepatitis Akut, Rentan Terjadi pada Anak Usia 1 Bulan-16 Tahun

Wakil Ketua F-PKS DPR RI ini juga meminta pemerintah agar memberikan informasi yang jelas pada masyarakat.

"Edukasi masyarakat untuk tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan. Optimalkan fasilitas, sumber daya dan perangkat pemerintah yang tersedia untuk memberikan informasi yang benar dan jelas pada masyarakat," katanya.

Penjelasan gamblang, kata Netty, harus diberikan pada masyarakat agar seluruh elemen bangsa menjadi bagian dari upaya pencegahan penyebaran penyakit tersebut.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ajak Warga Waspada, Meski Tak Ada Kasus Kematian Anak Akibat Hepatitis Misterius di Jabar

"Penting untuk menginformasikan peta penyebaran kasus, upaya yang dilakukan pemerintah dan kesiapan sistem kesehatan dalam melakukan antisipasi lonjakan kasus agar rakyat dapat berpartisipasi aktif melakukan pencegahan," imbuhnya.

Lebih lanjut Netty meminta pemerintah agar mengantisipasi beredarnya informasi hoax tentang penyakit hepatitis ini yang dapat memicu kepanikan di masyarakat.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x