Prokes Covid-19 Bisa Cegah Penularan Hepatitis Akut pada Saluran Cerna dan Pernapasan Anak

- 8 Mei 2022, 20:00 WIB
tanda anak terkena hepatitis misterius
tanda anak terkena hepatitis misterius /Foto oleh Victoria Borodinova dari Pexels/Victoria Borodinova/Pexels

PRFMNEWS – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan upaya pencegahan penularan Hepatitis Akut pada anak bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Pencegahan penularan Hepatitis Akut pada anak bisa dilakukan melalui penerapan prokes Covid-19 karena diduga kuat virus penyebab penyakit yang sedang melanda dunia itu bisa menular lewat saluran pernapasan dan pencernaan.

Kemenkes memaparkan, penyakit Hepatitis Akut yang sedang melanda dunia diduga telah masuk ke Indonesia setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit misterius ini.

Baca Juga: Ada Gejala Ini pada Anak, Segera Bawa ke Fasilitas Kesehatan untuk Waspada Hepatitis Akut

Sampai saat ini Kemenkes masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari penyakit ini.

Meski belum diketahui pasti penyebab penyakit Hepatitis Akut pada Anak, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, yang merupakan dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI menyebutkan bahwa dugaan awal disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dll. Virus tersebut utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernapasan.

Untuk mencegah risiko infeksi atau penularan, Hanifah menyarankan agar orangtua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan. Langkah awal yang bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Baca Juga: Ternyata KLB Hepatitis Belum Tentu Menjadi Pandemi, Ini Alasan Ahli Kesehatan

Langkah-langkah ini sangat mirip dengan penerapan prokes untuk menghindari terinfeksi Covid-19.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x