Ternyata KLB Hepatitis Belum Tentu Menjadi Pandemi, Ini Alasan Ahli Kesehatan

- 6 Mei 2022, 20:20 WIB
Ilustrasi hepatitis.
Ilustrasi hepatitis. / PIXABAY/mohamed_hassan

PRFMNEWS - Dunia kesehatan dibuat gempar dengan penyakit Hepatitis akut pada anak, ternyata tak sepenuhnya akan menjadi pandemi seperti kasus Covid-19 meskipun sudah berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB).

Meskipun di Indonesia sudah ada 3 Orang yang meninggal dunia, seorang ahli kesehatan mengatakan bahwa status KLB saat ini belum tentu kedepannya menjadi pandemi.

Mantan Direktur WHO Asia Tenggara Prof. Tjandra Yoga Aditama menyampaikan, jika KLB Hepatitis saat ini belum tentu akan ditetapkan menjadi pandemi karena ada beberapa kriteria.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Ulum Dibuat Heran dengan Tingkah Pemuda di Sukabumi yang Nekat Injak Al-Quran

Baca Juga: 7 Langkah Cegah Kepadatan Lalu Lintas Saat Arus Balik yang Disiapkan Polisi

"Jadi kriteria pandemi tidak diukur berdasarkan banyaknya angka kasus yang terjadi," ucap Tjandra, seperti dikutip prfmnews.id dari Antara, Jumat, 6 Mei 2022.

Menurutnya, kriteria untuk menjadi pandemi ialah; penyakit baru, bergejala berat, penyebaran penyakit lintas benua dan menimbulkan kesehatan yang signifikan.

"Jangan karena Hepatitis akut bergejala berat ini tertulis di DONs kemudian orang berfikir bahwa ini sesuatu yang sangat istimewa dan pasti menjadi besar. Belum tentu," katanya.

Baca Juga: Arus Balik Mudik, Polisi Terapkan One Way dan Contra Flow di Tol Palimanan Hingga Tol Jakarta-Cikampek

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x