Ombudsman RI Minta Penanganan Polusi Udara Dilakukan Secara Komprehensif

- 22 September 2023, 17:00 WIB
Anggota Ombudsman RI Hery Susanto dalam FGD Indonesia Dalam Kepungan Polusi dan Bagaimana Solusinya? yang digelar secara hybrid di Gedung Ombudsman RI, Jakarta, Kamis, 19 September 2023.
Anggota Ombudsman RI Hery Susanto dalam FGD Indonesia Dalam Kepungan Polusi dan Bagaimana Solusinya? yang digelar secara hybrid di Gedung Ombudsman RI, Jakarta, Kamis, 19 September 2023. /Ombudsman/

PRFMNEWS - Berdasarkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) , polusi udara ternyata bukan hanya terjadi wilayah Jakarta saja. Banyak daerah lainnya mengalami polusi udara.

Polusi udara yang terjadi bukan semata-mata karena kendaraan bermotor melainkan turut disebabkan hal lainnya seperti kebakaran hutan dan lahan. Karenanya, perlu ada penanganan komprehensif yang dilakukan pemerintah dalam penanganan polusi udara ini.

Demikian hal ini disampaikan Anggota Ombudsman RI Hery Susanto dalam FGD Indonesia Dalam Kepungan Polusi dan Bagaimana Solusinya? yang digelar secara hybrid di Gedung Ombudsman RI, Jakarta, Kamis, 19 September 2023.

Baca Juga: Polusi Udara Memburuk, Ini 17 Makanan dan Minuman Pembersih Paru-Paru, Coba Yuk!

“Data itu menunjukkan bahwa permasalahan polusi udara bukan hanya permasalahan di Jabodetabek. Karena beberapa penyebab termasuk karena kebakaran hutan dan lahan mengakibatkan kualitas udara memburuk. Oleh karena itu perlu penanganan yang komprehensif terkait dengan permasalahan polusi udara dengan mengidentifikasi secara tepat penyebabnya pada setiap wilayah," ujar Hery Susanto.

Untuk menangani masalah polusi udara ini, perlu diketahui secara pasti mengenai polusi udara yang terjadi beberapa wilayah.

Selain itu, diharapkan ada solusi yang tepat dan berkelanjutan dengan penegakan hukum dalam penanganan permasalahan ini. Pada prinsipnya mendapatkan udara yang bersih adalah hak seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Polusi Udara Buruk, Menkes Imbau Masyarakat Kembali Gunakan Masker untuk Cegah Penyakit

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x