Polusi Udara Memburuk, Ini 17 Makanan dan Minuman Pembersih Paru-Paru, Coba Yuk!

- 3 September 2023, 18:00 WIB
ilustrasi teh hijau
ilustrasi teh hijau /Pexels @Maria Tyutina

PRFMNEWS - Meski status polusi udara di Kota Bandung masuk kategori sedang, namun hal tersebut membuat masyarakat mencari cara untuk meminimal efek samping udara yang terhirup oleh paru-paru. Mulai dari memakai masker hingga mengonsumsi makanan dan minuman pembersih paru-paru.

Paru-paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Organ ini berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi.

Namun dengan adanya polusi, radikal bebas hingga rokok menjadi penyebab paru-paru menjadi kotor. Jika organ ini terkontaminasi racun atau partikel tidak sehat, paru-paru bisa terinfeksi sehingga akan mengganggu pernapasan serta munculnya beberapa penyakit pernapasan lainnya.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Dekat Stasiun Kereta Cepat di Padalarang, Lengkap Harga Tiket-Pilihan Transportasi Umum

Melansir berbagai sumber, beberapa makanan dan minuman di bawah ini mampu membersihkan paru-paru dari polusi udara dan juga penyakit lainnya.Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini.

1. Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai makanan pembersih paru-paru, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Kadar allicin di dalamnya bisa melawan infeksi dan peradangan. Bawang putih juga dipercaya sebagai makanan yang efektif meredakan gejala asma dan berpotensi mengurangi risiko paru-paru.

2. Apel

Buah berwarna merah yang lezat ini dianggap sebagai makanan pembersih paru-paru, karena mengandung banyak vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sistem imun tubuh dan sistem pernapasan.Ketika fungsi sistem pernapasan Anda sehat, maka penyakit paru-paru dapat dicegah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x