Hepatitis Akut Menyerang Saluran Pencernaan dan Saluran Pernafasan, Ketahui Gejala serta Pencegahannya

- 10 Mei 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi - Kemenkes himbau orang tua terapkan 5 cara mencegah Hepatitis akut pada anak.
Ilustrasi - Kemenkes himbau orang tua terapkan 5 cara mencegah Hepatitis akut pada anak. /Pexels/Artem Podrez/Artem Podrez

PRFMNEWS - Saat ini Indonesia tengah dilanda penyakit Hepatitis akut yang menyerang saluran pencernaan dan saluran pernafasan.

Hingga kini penyebab dari hepatitis akut tersebut belum diketahui pasti. Namun pencegahannya kita dapat mengetahui dari setiap gejala yang muncul.

Masyarakat diimbau untuk lebih waspada, dengan memahami gejala hepatitis akut ini. Mulai dari gejala awal sampai gejala yang berat.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2022 Diperpanjang

Seperti dilansir prfmnews.id dari laman Covid19.go.id, gejala awal yang ditimbulkan dari hepatitis akut ini yakni munculnya mual, muntah, sakit perut, diare, serta demam yang ringan.

Sedangkan gejala sedang dapat diketahui saat buang air kecil (BAK) berubah warna menjadi pekat seperti teh dan buang air besar (BAB) berwarna putih pucat.
Kemudian, gejala berat yang terjadi dari hepatitis akut ini adalah munculnya gejala kuning dan hilangnya kesadaran.

Untuk mencegah dari tertularnya penyakit ini dari saluran pencernaan, kita harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan, selalu cuci tangan dengan sabun.

Baca Juga: Kebakaran Rumah di Baros Cimahi Siang Hari ini, Api Berkobar Hebat di Atap Rumah

Pastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, tidak menggunakan alat makan bersama dengan orang lain, serta hindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x