Waspada! Hepatitis Akut Diduga Masuk ke Indonesia, Menteri Kesehatan Sampaikan Cara Pencegahan

- 10 Mei 2022, 10:27 WIB
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. /dok Biro Pers Sekretariat Presiden


PRFMNEWS - Waspada hepatitis akut diduga masuk ke Indonesia, simak cara pencegahannya yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Seperti dilansir dari laman setkab.go.id, tiga orang anak dilaporkan meninggal dunia karena terkena penyakit misterius tersebut.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tegaskan Jabar Siap Tangani Kasus Hepatitis Akut pada Anak

"Virus ini menularnya lewat asupan makanan yang lewat mulut, jadi kalau bisa rajin cuci tangan saja supaya kita pastikan yang masuk ke anak-anak kita, kan ini menyerang banyak di bawah 16 tahun lebih banyak lagi di bawah 5 tahun, itu bersih," ujar Menkes seperti dikutip prfmnews.id melalui laman Sekretariat Kabinet, Selasa 10 Mei 2022.

Beberapa gejala yang mungkin harus Anda ketahui secara umum yaitu mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan.

Jika sudah semakin berat akan mengalami gejala air kencing berwarna pekat seperti teh dan buang air besar berwarna putih pucat.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Cara Cegah Tertular Hepatitis Akut, Rentan Terjadi pada Anak Usia 1 Bulan-16 Tahun

Selain itu Menkes juga menjelaskan jika buang air besar dan juga disertai demam, sebaiknya dicek SGPT-SGOT-nya. 

Menkes meminta agar para orang tua untuk segera memeriksakan anak dengan gejala tersebut ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal.***

 

Editor: Rizky Perdana

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x