Bullying Marak Terjadi, Komisi X DPR Dorong Pelibatan Babinsa untuk Disiplin Edukatif di Sekolah

- 4 Oktober 2023, 16:27 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf tanggapi kasus bullying yang marak terjadi belakangan ini
Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf tanggapi kasus bullying yang marak terjadi belakangan ini /

PRFMNEWS - Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf mendorong pelibatan Aparat Penegak Hukum (APH) untuk menjadi pembina bagi siswa di sekolah, sebagai bagian dari Bimbingan Penyuluhan (BP).

Pelibatan APH dinilai akan berperan untuk mengatasi pelanggaran yang dilakukan siswa, termasuk perilaku bullying yang kini tengah marak terjadi.

Menurut Dede Yusuf, pembina teritorial seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat mengatasi berbagai bentuk ‘kenakalan’ siswa dengan memberikan disiplin edukatif. Sebab Babinsa dari TNI dan Bhabinkamtibmas dari Polri merupakan unsur aparat yang bersentuhan langsung dengan pembinaan terhadap masyarakat.

Baca Juga: 2 Lokasi Parkir Ilegal di Asia Afrika Ditutup, Dishub Kota Bandung: Boleh Buka Lagi Setelah Berizin

"Guru BP itu harusnya diambil dari penegak hukum bisa Bhabinkamtibmas atau Babinsa. Tapi itu harus disepakati bersama, sehingga penegakkan disiplin di lingkungan sekolah dilakukan sesuai dengan Tupoksinya," kata Dede Yusuf, Selasa 3 Okotober 2023.

Dede menilai, peran guru saat ini telah berubah menyusul perkembangan zaman. Tidak seperti masa yang lampau di mana guru bisa tegas memberi sanksi kepada murid, guru saat ini hanya bisa berfokus pada pengajaran akademik dan konseling.

Karena berbagai alasan dan faktor termasuk urusan Hak Asasi Manusia (HAM), guru kini terkesan mengabaikan kenakalan siswa. Dede menyebut, banyak guru enggan memberikan sanksi disiplin kepada siswa karena takut dilaporkan ke pihak berwajib oleh orangtua murid.

Baca Juga: Komitmen Pemkab Bandung Wujudkan Kota Ramah Disabilitas dengan Berbagai Program

“Guru atau kepala sekolah umumnya takut melakukan pendisiplinan karena kuatir diadukan ke penegak hukum. Dan guru tidak pernah belajar cara melakukan sanksi fisik yang benar,” tutur Legislator dari Dapil Jawa Barat II ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x