Keren! Hadirkan 15.110 Peserta, Indonesia Cetak Guinness World Record dalam Pertunjukkan Angklung di GBK

- 6 Agustus 2023, 17:00 WIB
Rekor dunia dipecahkan pergelaran angklung dan dicatat Guinness World Records (GWR) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Sabtu, 5 Agustus 2023.
Rekor dunia dipecahkan pergelaran angklung dan dicatat Guinness World Records (GWR) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Sabtu, 5 Agustus 2023. /Setkab RI

PRFMNEWS - Indonesia memecahkan rekor dunia pergelaran angklung yang dicatat Guinness World Records (GWR) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Pertunjukkan akbar yang diikuti oleh 15.110 peserta dari berbagai kalangan. Dengan ini, Indonesia resmi mematahkan rekornya sendiri pada 12 tahun lalu.

“Saya dapat memastikan bahwa dengan 15.110 peserta Indonesia telah mencapai [pemecahan rekor],” ujar penilai resmi GWR, Sonia Usirogochi.

Baca Juga: Patroli Skala Besar Malam Minggu, Polresta Bandung Sita 50 Motor Berknalpot Brong

Menurut catatan Guinness World Record, rekor Ensambel Angklung Terbesar di Dunia sebelumnya diraih oleh KBRI Washington dengan melibatkan 5.120 peserta di Monumen Washington pada 9 Juli 2011.

“Seperti diketahui, rekor saat ini adalah 5.182 peserta. Selain itu, di Indonesia per bulan lalu, Indonesia sendiri memiliki 124 Guinness World Record. Jakarta punya 13 rekor,” imbuh Sonia.

Pada kesempatan itu, Sonia menyerahkan sertifikat rekor dunia tersebut kepada Tri Suswati Tito Karnavian, yang merupakan Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) sekaligus ketua panitia pergelaran. Sertifikat selanjutnya diserahkan kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: IPB Buka Pendaftaran Mahasiswa Kedokteran Terapkan Model Pembelajaran SPICES, Ini Syarat dan Jadwalnya

Sebelumnya, ribuan pemain angklung yang ikut dalam pergelaran bertajuk The Largest Angklung Ensemble in World ini menyanyikan lagu nasional Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud dan lagu internasional Wind of Change yang dipopulerkan oleh grup musik Scorpions. Para peserta tersebut dipandu oleh Saung Angklung Udjo.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x