Ikon Kota Angklung Disematkan di Bandung Mulai Hari Ini

- 21 Mei 2022, 18:30 WIB
Deklarasi Kota Bandung sebagai Kota Angklung, Sabtu 21 Mei 2022.
Deklarasi Kota Bandung sebagai Kota Angklung, Sabtu 21 Mei 2022. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Kota Bandung kini sudah resmi menjadi Kota Angklung mulai hari ini Sabtu, 21 Mei 2022.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kota Bandung, Dewi Kaniasari menyebut deklarasi ini dapat menjadi tonggak bagi Kota Bandung untuk menjadi ikon Kota Angklung.

Diharapkan Dewi, semua masyarakat dapat atau mampu memainkan angklung. Apalagi domisili di Bandung, dengan resminya julukan Bandung Kota Angklung masyarakat atau pegiat seni harus bisa memainkan angklung.

Pasalnya, kata Dewi, Kota Bandung sudah mempunyai ciri khas Angklung sejak tahun 1970-an sebagai produk pertunjukan angklung. Tepatnya di Saung Angklung Udjo.

Baca Juga: Car Free Day di Jakarta akan Kembali Dibuka Hari Minggu Besok, Catat 6 Lokasinya

“Semoga deklarasi ini membuat Kota Bandung menjadi destinasi wisata budaya. Semoga angklung terus berkembang pesat. Tong ngaku urang Bandung lamun teu ngangklung (jangan ngaku orang bandung kalau tidak memainkan angklung),” tutur Dewi dikutip prfmnews.id dari keterangan resmi Pemerintah Kota Bandung.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Unesco, Is Munandar juga berikan apresiasi penuh terhadap Kota Bandung yang dijuluki sebagai Kota Angklung.

“Saat dunia membutuhkan hubungan dengan alam, angklung mengajarkan hal tersebut,” tutur Is.

Menurut Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, dengan adanya deklarasi ini diharapkan semua penggiat angklung memiliki tanggung jawab besar untuk melestarikan angklung di Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x