Beli dari 4 Negara, Seberapa Ampuh Obat Fomepizole untuk Gagal Ginjal Akut? Ini Kata Kemenkes

- 25 Oktober 2022, 16:56 WIB
Ilustrasi obat Fomepizole.
Ilustrasi obat Fomepizole. /ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi/


PRFMNEWS – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap alasan mengapa memilih obat antidotum (penawar racun), Fomepizole injeksi untuk mengobati anak pasien gagal ginjal akut progresif di Indonesia.

Selain itu, Kemenkes juga menjelaskan seberapa ampuh obat Fomepizole injeksi ini mampu menyembuhkan gejala-gejala pada anak pasien gagal ginjal akut progresif di Indonesia.

Siapa saja atau pasien dengan kategori seperti apa yang akan diprioritaskan diberikan obat Fomepizole injeksi ini secara gratis?

Baca Juga: Kemenkes Rilis Daftar 156 Merek Obat Sirup Aman Diresepkan ke Pasien, Tak Dilarang karena Bebas EG dan DEG

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah Indonesia saat ini sudah membeli obat Fomepizole untuk mengobati anak pasien gagal ginjal akut progresif dari Singapura sebanyak 20 vial.

Kemudian, lanjut Menkes Budi, pemerintah juga sudah membeli obat Fomepizole injeksi serupa dari Australia sebanyak 16 vial dan sedang menunggu dikirimkan ke Indonesia.

Melihat efektivitas obat Fomepizole dalam meredakan gejala pada anak pasien gagal ginjal akut progresif, ujar Budi, Indonesia kembali akan membeli obat serupa dari Amerika Serikat dan Jepang.

Baca Juga: Menkes Sebut Obat Fomepizole Efektif Sembuhkan Gejala Gagal Ginjal Akut, Diberikan Gratis pada Pasien

“Kita sudah menerima 20 vial dari Singapura, kita menunggu mungkin dari Australia akan masuk 16 lagi. Kita sedang proses untuk beli dari Amerika, mereka punya stok enggak terlampau banyak di sana, kita juga sekarang sedang dalam proses untuk beli dari Jepang, stoknya sekitar 2.000-an,” ucapnya, 24 Oktober 2022.

“Dari 10 pasien yang diberikan obat ini 7 sudah pulih kembali, sehingga kita bisa simpulkan bahwa obat ini memberikan dampak positif dan kita akan percepat kedatangannya di Indonesia,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x