Benarkah Ada Kaitan Gagal Ginjal Akut pada Anak dengan Covid-19? Begini Penjelasan Kemenkes

- 20 Oktober 2022, 09:30 WIB
Ilustrasi gagal ginjal akut pada anak.
Ilustrasi gagal ginjal akut pada anak. /Foto: Polina Tankilevitch/Pexels/

PRFMNEWS – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklarifikasi tentang isu gagal ginjal akut misterius pada anak ada kaitan dan disebabkan salah satunya karena infeksi Covid-19.

Kemenkes menegaskan bahwa penyakit gagal ginjal akut misterius pada anak tidak ada kaitannya dengan vaksinasi maupun infeksi Covid-19.

“Sampai saat ini kejadian gagal ginjal akut tidak ada kaitannya dengan vaksin Covid-19 maupun infeksi Covid-19” kata Juru Bicara Kemenkes dr. Syahril, Selasa 18 Oktober 2022.

Menurutnya, hingga kini penyebab pasti gagal ginjal akut misterius pada anak masih belum diketahui dan tengah dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikannya.

Baca Juga: Marak Gagal Ginjal Diduga Akibat Obat Sirup, Dokter ini Berikan Tips Beri Obat untuk Anak yang Sedang Sakit

“Upaya penelusuran (penyebab) kasus gagal ginjal akut terus dilakukan Kemenkes dengan menggandeng para ahli epidemiologi, BPOM, IDAI, dan Puslabfor,” ujarnya.

Penyelidikan epidemologi, lanjutnya, dilakukan dengan melakukan pengawasan dan pemeriksaan untuk mengetahui infeksi-infeksi yang menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak.

Pemeriksaan mencakup swab tenggorokan, swab anus, pemeriksaan darah dan kemungkinan intoksikasi (paparan senyawa bersifat racun).

Baca Juga: Ikuti Arahan Kemenkes, Nakes dan Faskes di Bandung Dilarang Beri Obat Sirup ke Pasien Anak

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x