IDAI Telusuri Penyebab Anak Idap Gagal Ginjal Akut Misterius Punya Gejala Khas yang Lebih Cepat Memburuk

- 19 Oktober 2022, 09:30 WIB
Ilustrasi anak yang sakit.
Ilustrasi anak yang sakit. /Foto: Mart Production/Pexel/

PRFMNEWS – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan pasien anak yang menderita gagal ginjal akut misterius umumnya miliki gejala khas yang mengalami percepatan perburukan atau rapid progresif.

IDAI mengaku masih mendalami penyebab gejala khas gagal ginjal akut misterius pada anak terjadi tidak umum karena lebih cepat memburuk.

Upaya mencari tahu penyebab gejala khas gagal ginjal akut misterius pada anak mengalami percepatan perburukan ini diungkap Ketua Pengurus Pusat IDAI Piprim Basarah Yanuarso.

Baca Juga: Kemenkes Terbitkan Pedoman Penanganan Gagal Ginjal Akut pada Anak, Mulai Gejala, Pemeriksaan dan Perawatan

"Sekarang ini anak yang sebelumnya tidak ada masalah ginjal atau memiliki ginjal normal, mengalami rapid progresif," kata Piprim, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Ia mengungkap pula sebagian besar kasus gagal ginjal akut pada pasien anak disebabkan kelainan bawaan atau sejak lahir, seperti ginjal tidak terbentuk dengan baik saat di kandungan karena pengaruh kelainan.

Fenomena rapid progresif itu, lanjutnya, didapat IDAI berdasarkan laporan penelitian terhadap 180-an pasien tanpa penyakit bawaan dari 20 provinsi di Indonesia dalam dua bulan terakhir.

Baca Juga: Berikut Kabupaten dan Kota di Jawa Barat yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hari ini 19 Oktober 2022

Dari total tersebut, dominasi pasien yang menderita gagal ginjal akut ini merupakan balita umur 1-5 tahun.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x