Benarkah Obat Diabetes Menyebabkan Penyakit Gagal Ginjal? Dokter Cahyo Purnomo Berikan Penjelasan

- 22 September 2022, 20:24 WIB
Ilustrasi, benarkah minum obat diabetes bisa bikin penyakit gagal ginjal? Begini kata dokter Cahyo Purnomo.
Ilustrasi, benarkah minum obat diabetes bisa bikin penyakit gagal ginjal? Begini kata dokter Cahyo Purnomo. /UNSPLASH/@averey

PRFMNEWS - Salah satu upaya penting untuk mengontrol gula darah penderita diabetes adalah dengan rutin minum obat diabetes setiap hari.

Namun tak jarang penderita diabetes menghentikan pengobatan ini karena banyak kabar yang menyampaikan bahwa obat diabetes bila diminum terus menerus dalam jangka panjang bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal, sehingga harus melakukan cuci darah selama hidupnya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Dokter Cahyo Purnomo akan coba menguraikan apakah benar obat diabetes bisa menyebabkan gagal ginjal?

Baca Juga: Menteri PUPR Targetkan Tol Bocimi Bakal Tersambung hingga Sukabumi Barat Tahun 2024 Mendatang

Seperti yang dikutip dari kanal YouTube Cahyo Edukes, perlu anda ketahui bahwa penyakit gagal ginjal pada penderita diabetes ini disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah yang mengalir ke dalam ginjal.

Sehingga hal ini akan menyebabkan pengiriman nutrisi dan oksigen ke dalam sel ginjal mengalami gangguan, akibatnya sel-sel ginjal akan kekurangan nutrisi dan oksigen. Dan bila hal ini berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kematian atau kerusakan dari sel-sel ginjal ini.

Bila kerusakan atau kematian sel ginjal Ini sudah parah sampai hanya tersisa kurang dari seperlima bagian ginjal yang sehat.

Baca Juga: Mengatasi Kanker Payudara dengan Dua Herbal dan Pola Hidup Sehat Ala dr. Zaidul Akbar Berikut ini

Kondisi ini bisa menimbulkan gangguan fungsi ginjal yang ditandai dengan jumlah kencing yang berkurang, pembengkakan seluruh badan, tidak nafsu makan, nyeri ulu hati, kepala pusing, badan pucat dan sesak nafas.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x