Wapres Dukung Peran BUMN di IWF untuk Tingkatkan Akses Air Bersih

- 18 Oktober 2022, 07:45 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma'ruf Amin. /YouTube Wapres RI

PRFMNEWS - Pemerintah secara resmi meluncurkan Indonesia Water Fund (IWF) dari BUMN dan sektor swasta untuk memperluas akses air bersih bagi masyarakat.

Program tersebut dibuat sebagai langkah intensif untuk mendorong kenaikan cakupan layanan air bersih nasional.

Pasalnya dalam RPJMN 2020-2024, pemerintah menargetkan 100 persen rumah tangga memiliki akses air minum layak pada tahun 2024. Namun selama tiga tahun terakhir, cakupan air minum layak hanya naik 1,5 persen.

Baca Juga: Wapres Buka MTQ Nasional ke-29 di Kiram Park Kalsel : Ini Adalah Syiar Islam dan Ikhtiar Agungkan Kalam Ilahi

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika menghadiri secara virtual Pembukaan State-Owned Enterprises (SEO) International Conference sekaligus peluncuran Indonesia Water Fund (IWF), di Jakarta pada Senin, 17 Oktober 2022.

"Pemerintah telah menargetkan perbaikan air bersih bagi masyarakat melalui sistem ekonomi berkelanjutan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan hasil pemerataan layanan air bersih secara nyata,” ujar Wapres Ma'ruf Amin dikutip prfmnews.id dari laman resmi Wakil Presiden RI.

Wapres mengapresiasi Kementerian BUMN yang telah menginisiasi IWF untuk mendukung pembiayaan pengadaan air bersih di Indonesia.

Baca Juga: Cegah Antrean Truk Terjadi Lagi, Pj Bupati Bekasi Siapkan 3 Langkah Pengelolaan Sampah di TPA Burangkeng

“Sehubungan dengan upaya pemenuhan kebutuhan air bersih, saya mengapresiasi inisiatif Kementerian BUMN yang telah mengupayakan terobosan melalui program Indonesia Water Fund,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x