Wapres Buka MTQ Nasional ke-29 di Kiram Park Kalsel : Ini Adalah Syiar Islam dan Ikhtiar Agungkan Kalam Ilahi

- 13 Oktober 2022, 10:30 WIB
Wapres Ma'ruf Amin saat buka MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.
Wapres Ma'ruf Amin saat buka MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. /Kemenag/

PRFMNEWS - Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Wapres memukul beduk tanda dimulai MTQ Nasional ke-29 tersebut yang berlangsung pada 10-19 Oktober 2022, bertempat di tiga daerah, yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin.

Wapres dalam sambutannya mengatakan, Al-Qur’an harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa.

Baca Juga: Pemkot Bandung Blak-blakan di Balik Reaktivasi Teras Cihampelas Masih Ada Masalah yang Butuh Solusi Terbaik

Ma'ruf Amin juga menyampaikan perkembangan kehidupan beragama selama ini di Indonesia relatif menggembirakan, terutama pada tingkat ritual keagamaan yang didukung meningkatnya sarana dan fasilitas keagamaan.

Hal ini dapat dilihat dari pesantren Qur'an dan lembaga penghafal Al-Qur'an yang mengalami kenaikan signifikan setiap tahun.

“Saya mengharapkan MTQ tidak semata-mata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur'an.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Polisi Sebut Rizky Billar Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara atas Kasus KDRT

"MTQ kita harapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah,” demikian diungkap Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x