Wapres Ma’ruf Amin Mengenang Menpan RB Tjahjo Kumolo Sebagai Sosok Inisiatif Tinggi

- 1 Juli 2022, 22:00 WIB
Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'Ruf Amin.
Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'Ruf Amin. /Instagram/@kyai_marufamin/

PRFMNEWS - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengaku kehilangan sosok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada hari ini, Jumat 1 Juli 2022.

Menurut Ma’ruf Amin, sosok Menpan RB Tjahjo Kumolo adalah seorang menteri yang rajin sekaligus pribadi baik hati.

"Kita kehilangan orang baik, orang yang selama ini mengabdi pada bangsa dan negara sejak beliau juga sebelumnya menjadi Menteri Dalam Negeri, lalu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara," katanya, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Ma’ruf Amin mengenal Tjahjo Kumolo sebagai pribadi menteri yang giat bekerja, khususnya terkait reformasi birokrasi karena KemenPAN RB berada di bawah koordinasi Wapres.

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha, 157 Petugas DKPP Kota Bandung Diturunkan Langsung Saat Pemotongan Hewan Kurban

"Beliau terus bekerja siang malam melakukan langkah-langkah reformasi birokrasi dengan sistem, melakukan perubahan-perubahan besar tapi Allah menghendaki beliau sampai di sini," ungkapnya.

Ma’ruf pun mengenang pertemuannya sebelum almarhum meninggal dunia. Wapres bercerita bahwa Tjahjo Kumolo masih sempat berkomunikasi terkait dengan masalah reformasi birokrasi.

"Beberapa waktu yang lalu memang selalu saya selalu berkonsultasi dengan beliau dan beliau selalu memberi buku kepada saya, memberikan laporan-laporannya dalam bentuk buku, rajin sekali,” ucapnya.

“Kalau sidang kabinet, ada buku (diberikan) kepada saya, kepada Pak Jokowi, jadi report-nya dalam bentuk buku-buku," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x