Mahfud MD Buka Suara Soal Viral Peretas Bjorka Bocorkan Data Negara di Twitter: Itu Memang Terjadi, Tapi

- 12 September 2022, 16:59 WIB
Mahfud MD Buka Suara Soal Viral Peretas Bjorka
Mahfud MD Buka Suara Soal Viral Peretas Bjorka /Twitter/ @PolhukamRI dan @darktracer_int/

PRFMNEWS – Menko Polhukam Mahfud MD memberikan klarifikasi terkait kasus viral kebocoran data negara yang diretas Bjorka dan disebarluaskan oleh akun Twitter DarkTracer: DarkWeb Criminal Intelligence.

Selain Mahfud MD, Sekretariat Presiden juga turut meluruskan terkait kasus viral Bjorka disebut meretas surat-surat rahasia Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk surat dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Mahfud MD membenarkan bahwa kasus kebocoran data negara yang viral di Twitter akibat peretas Bjorka tersebut pada beberapa hari terakhir ini memang benar terjadi.

Baca Juga: Bjorka Klaim Meretas Surat Menyurat Jokowi, Kasetpres Bantah: Tidak Ada Dokumen Presiden yang Bocor

Namun Mahfud MD memastikan, data-data negara yang bocor dan diungkap Bjorka itu tidak terkait dengan dokumen-dokumen rahasia milik negara Republik Indonesia.

“Soal bocornya data negara, saya pastikan bahwa itu memang terjadi. Saya sudah dapat laporannya dari BSSN. Kemudian, dari analisis Deputi VII (Kemenko Polhukam), terjadi di sini-sini. Tetapi, itu sebenarnya bukan data yang rahasia,” ujar Mahfud MD, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Sehingga, menurut Mahfud, kasus peretasan data-data negara yang viral di Twitter usai diungkap Bjorka itu belum dikategorikan membahayakan Negara.

Baca Juga: Soal Pembunuhan Munir, Hacker Bjorka Bocorkan Identitas Sosok Ini

Pasalnya, ia menuturkan bahwa data-data yang dibocorkan Bjorka kepada publik justru merupakan hal-hal yang sudah diberitakan di koran-koran.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x