Bansos Tambahan Jelang Harga BBM Subsidi Naik Diantar ke Rumah, Mensos: Nggak Boleh untuk Rokok

- 29 Agustus 2022, 17:38 WIB
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini /Pikiran-Rakyat.com/Amir Faisol

PRFMNEWS – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) tambahan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) jelang kenaikan harga BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar.

Jadwal penyaluran bansos BLT dengan total dana disiapkan pemerintah senilai Rp12,4 triliun ini, kata Risma, akan dibagikan kepada 20,65 juta kelompok masyarakat penerima manfaat mulai September 2022.

Risma menegaskan, BLT dalam bentuk uang tunai ini sebagai bansos tambahan atas pengalihan subsidi BBM Pertalite dan Solar di mana harga kedua jenis BBM tersebut direncanakan naik dalam waktu dekat.

Baca Juga: Jokowi Bagikan 3 Bansos Tambahan Jelang Harga BBM Subsidi Naik, Kemenkeu: Total Rp24,17 Triliun

Besaran atau jumlah BLT yang dibagikan jelang kenaikan harga BBM subsidi ini, kata Risma, adalah sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga yang disalurkan secara dua kali.

“Masyarakat akan menerima bantuan sebesar Rp150 ribu sebanyak empat kali, namun kami akan menyalurkannya dalam besaran Rp300 ribu sebanyak dua kali, dimulai September 2022,” ujar Risma, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Mensos berpesan agar BLT pengalihan subsidi BBM ini digunakan sebagaimana mestinya termasuk bisa untuk membeli kebutuhan pokok.

Baca Juga: Presiden Jokowi Mulai Bagikan BLT Minyak Goreng, Sambil Kunjungi Pasar Angso Duo Jambi

"Yang jelas nggak boleh untuk rokok, nggak boleh untuk minuman keras. Untuk kebutuhan pokok," tegasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x