Jokowi Bagikan 3 Bansos Tambahan Jelang Harga BBM Subsidi Naik, Kemenkeu: Total Rp24,17 Triliun

- 29 Agustus 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi bansos PKH.
Ilustrasi bansos PKH. /Pixabay/EmAji

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibantu Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Sosial (Kemensos) dan jajaran menteri lainnya akan memberikan bantuan sosial (bansos) tambahan bagi masyarakat jelang rencana kenaikan harga BBM subsidi.

Ada tiga jenis bansos tambahan sebagai bantalan sosial bagi masyarakat Indonesia sebagai bentuk pengalihan atau pengganti subsidi BBM jenis Pertalite dan Solar yang rencananya akan alami kenaikan harga dalam waktu dekat.

Kemenkeu menyebut, total dana yang dialokasikan pemerintah untuk tiga jenis bansos tambahan jelang kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar yakni sebesar Rp24,17 triliun.

Baca Juga: Datangi Pasar Cicaheum Bandung, Jokowi Berbagi Bansos ke Warga, Isinya Ada ATM hingga Uang Tunai

"Pemerintah akan mulai memberikan bantalan sosial tambahan sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM (Pertalite dan Solar) sebesar Rp 24,17 triliun," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Menkeu Sri Mulyani menjelaskan, dana tambahan bantalan sosial Rp 24,17 triliun itu akan dibagikan untuk 20,65 juta kelompok keluarga penerima manfaat yang terdampak kenaikan harga BBM subsidi.

Sri Mulyani berharap, bansos tambahan dari dana tersebut dapat meningkatkan daya beli, terlebih untuk merespons tendensi kenaikan harga dari pengaruh global dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga: Selain Berbagi Bansos, Jokowi Ungkap Kapan Harga Telur Turun Saat Kunjungi Pasar Cicaheum Bandung Hari ini

Berikut daftar bansos tambahan yang akan dibagikan pemerintah menyusul rencana kenaikan harga BBM subsidi, disampaikan Menkeu hari ini, Senin 29 Agustus 2022 saat rapat daring mengenai pengalihan subsidi BBM:

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x