ASO 3 Tahap Ditiadakan, Pemerintah Lakukan Migrasi ke TV Digital Dengan Cara Berikut

- 28 Agustus 2022, 10:06 WIB
TV Analog
TV Analog /Rene Asmussen/Pexels


PRFMNEWS – Kominfo memastikan jadwal Analog Switch Off (ASO) tak lagi dilakukan dalam 3 tahap.

Sebelumnya Kominfo menetapkan ASO dilakukan secara 3 tahap untuk sejumlah Kota dan Kabupaten di Indonesia yakni, tahap 1 pada 30 April 2022, tahap 2 pada 25 Agustus 2022, dan tahap 3 pada 2 November 2022.

Namun, kini Kominfo menetapkan bahwa 3 tahap ASO tersebut tak berlaku lagi. Kini sistem ASO akan menggunakan teknis yang disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Sehingga diharapkan bisa meminimalisir sejumlah potensi kendala yang akan terjadi.

Baca Juga: Wilayah Berikut Akan Menjadi Percontohan ‘Multiple ASO’, Simak Perbedaannya

"Pelaksanaan yang semula diadakan secara bertahap dalam tiga bagian, diubah menjadi pelaksanaan ASO berdasarkan kesiapan wilayah, dengan target seluruh siaran televisi analog di Indonesia harus sudah bermigrasi sebelum 2 November 2022," jelas Kominfo dilansir prfmnews.id dari laman Antara.

Kesiapan tiap wilayah tentunya akan berbeda dan terdapat komponen kesiapan yang perlu diperhatikan untuk ASO. Di antaranya siaran televisi analognya, kesiapan wilayah menyambut siaran TV digital, serta bantuan Set-Top-Box (STB) bagi rumah tangga miskin telah terdistribusi.

Baca Juga: Sukseskan Penghentian Siaran Analog, Pemerintah Pusat dan Daerah Perkuat Koordinasi

Kominfo menjelaskan bahwa metode tersebut adalah Multiple ASO, dimana layanan TV analog akan dihentikan dengan dasar kesiapan setiap wilayah dan laporan dari Pemerintah Daerah setempat. Sebelumnya Kominfo juga telah menetapkan Jabodetabek yang akan menjadi percontohan multiple ASO.

Terkait target ASO yang sebelumnya 2 November 2022, Kominfo pastikan tak ada perubahan target migrasi meskipun sistemnya telah berbeda.

Baca Juga: Pengalaman Warga Bandung Setelah Beralih ke Siaran Digital Menggunakan STB

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x