Polisi Tembak Polisi, Jokowi Minta Investigasi Kasus Jangan Ditutup-tutupi

- 23 Juli 2022, 09:20 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /Youtube Sekretariat Presiden

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo meminta Polri jangan menutup-nutupi investigasi kasus polisi tembak polisi di rumah Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo.

Baru-baru ini, rekaman CCTV yang bisa mengungkap kejadian sudah ditemukan. Jokowi pun menegaskan agar kasus tersebut diusut tuntas dengan transparan.

“Saya kan sudah sampaikan, usut tuntas, buka apa adanya, jangan ada yang ditutup-tutupi, transparan,” tegas Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis 21 Juli 2022.

Baca Juga: Terungkap Pesan Terakhir Brigadir J ke Keluarga 7 Jam Sebelum Baku Tembak, Nomor HP Keluarga Lalu Diblokir

Kepala Negara juga menegaskan bahwa pengusutan secara tuntas dan transparan tersebut penting untuk dilakukan agar tidak ada keragu-raguan dari masyarakat terhadap peristiwa tersebut. Menurutnya, Polri juga harus bisa menjaga kepercayaan publik pada institusinya.

“Itu penting untuk agar masyarakat tidak ada keraguan-keraguan terhadap peristiwa yang ada. Ini yang harus dijaga, kepercayaan publik terhadap Polri harus dijaga,” imbuhnya.

Sementara itu, Komnas HAM mengungkap sudah mengantongi catatan signifikan yang menjadi jawaban tentang sejumlah luka di tubuh Brigadir Yosua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J yang meninggal saat baku tembak dengan Bharada E.

Baca Juga: Soal Kronologi Tewasnya Brigadir J Kasus Polisi Tembak Polisi, Komnas HAM Siap Umumkan Bersama Polri

Selama proses pendalaman sejumlah luka di tubuh Brigadir J bersama ahli, Komnas HAM menggunakan semua bahan bukti yang dikantongi, termasuk foto dan video dari pihak keluarga korban.

"Tim telah memiliki catatan signifikan yang menunjukkan luka ini akibat apa, karakternya apa, kapan terjadi dan kira-kira luka itu akibat apa," kata Komisioner Pemantauan/Penyelidikan Komnas HAM RI Mohammad Choirul Anam, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x