Jokowi Akan Kunjungi China, Jepang, dan Korea Selatan dalam Waktu Dekat ini

- 22 Juli 2022, 12:45 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. /Antara/

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo akan kembali melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

Selama tiga hari mulai 26 Juli hingga 28 Juli 2022, Presiden Jokowi akan melakukan agenda perjalanan ke tiga negara Asia Timur yaitu ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan.

“Rencana kunjungan Presiden RI ke Beijing akan dilakukan pada 26 Juli 2022, sementara ke Tokyo tanggal 27 Juli, dan ke Seoul tanggal 28 Juli 2022. Kunjungan ini adalah kunjungan yang singkat, 3 hari untuk 3 negara,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam keterangan persnya, Kamis kemarin.

Kata Retno, dipilihnya tiga negara tersebut karena tiga negara itu adalah mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi serta mitra strategis Indonesia dan ASEAN pada saat berbicara mengenai masalah kawasan.

Baca Juga: Ini Persimpangan di Kota Bandung yang Paling Banyak Pelanggaran Lalu Lintasnya

Dalam kunjungan itu, Jokowi akan membahas beberapa hal utamanya tentang penguatan kerja sama ekonomi.

“Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi,” Menlu menambahkan.

Di RRT, Presiden Jokowi direncanakan akan bertemu dengan Premier Le Kiqiang dan Presiden Xi Jinping.

“Presiden RI merupakan salah satu pemimpin pertama yang diterima oleh Presiden Xi Jinping selama pandemi ini, di luar tentunya acara Olimpiade Musim Dingin di Beijing awal tahun ini,” kata Retno.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x