Ingin Bikin SIM C? Kenali Dulu 5 Tipe Trek yang Bakal Dilintasi Saat Ujian Praktik

- 23 November 2021, 16:40 WIB
Salatu satu peserta pemohon SIM sedang menjalani ujian praktek SIM C, di Polres Majalengka, Kamis 17 Juni 2021.
Salatu satu peserta pemohon SIM sedang menjalani ujian praktek SIM C, di Polres Majalengka, Kamis 17 Juni 2021. /Zona Priangan/Rachmat Iskandar ZP

PRFMNEWS – Bagi Anda yang ingin membuat SIM C sebaiknya perlu mengetahui salah satu tahapan yang akan dilalui yakni ujian praktik.

Ujian praktik merupakan tahapan kedua setelah Anda dinyatakan lulus ujian teori. Pada tahap ini, Anda diminta melintasi sejumlah tipe trek untuk dipastikan lulus dan berhak mendapatkan SIM C.

Melansir unggahan video pada kanal YouTube Andy Grana, berikut 5 tipe trek yang harus Anda lintasi saat ujian praktik SIM C.

Baca Juga: Mengapa Trek Ujian Praktik SIM C Sulit? Netizen Ini Coba Ungkap Alasannya Lewat Video

1. Trek Lurus

Pada tahap melintasi trek lurus, peserta ujian diminta mengendarai sepeda motor dengan kecepatan rendah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keseimbangan peserta.

Peserta dianggap lulus tahap pertama ini jika ia mampu sampai ke titik akhir yang ditentukan, tanpa menurunkan kaki untuk menyangga motor atau menyenggol pembatas di samping kanan dan kiri trek.

2. Trek Zig-zag/ Slalom

Tahap kedua ini peserta diminta mengendarai sepeda motor dengan mengikuti alur lintasan berbentuk zig-zag. Ujian ini bertujuan menguji ketangkasan peserta saat mengemudikan dan mengendalikan sepeda motornya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x