Ibu Positif Covid-19 Tetap Bisa Kasih ASI untuk Bayi

- 8 Agustus 2021, 13:45 WIB
Ilustrasi Ibu Menyusui
Ilustrasi Ibu Menyusui /Pexels/Mart Production

PRFMNEWS - Ibu menyusui yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap bisa memberikan ASI ekslusif untuk sang bayi.

Bahkan berdasarkan hasil penelitian, ASI pada ibu positif Covid-19 memiliki kandungan antibodi yang tinggi.

"Pada ibu yang terkonfirmasi positif ternyata di dalam ASI nya, mengalir antibodi Imunoglobulin A dan G, mengalir pula Lactalbumin, Lactoferin dll yang secara spesifik merupakan benteng perlawanan terhadap SARS-CoV-2. Inilah yang disebut imunisasi pasif yang alami, yang diberikan ibu penyintas Covid-19 kepada bayinya," ujar Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Wiyarni Pambudi dikutip dari laman resmi Kemenkes, Minggu 8 Agustus 2021.

Baca Juga: Studi Terbaru Ungkap ASI Tidak Tularkan Virus Corona, Justru Membawa Antibodi

Ia menjelaskan, antivitas antibodi sIgA spesifik SARS-CoV-2 dan IgG spesifik dalam air susu penyintas Covid-19 mampu bertahan selama 7-10 bulan pasca infeksi.

Peningkatan kekebalan tubuh, juga ditemukan pada ibu menyusui yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Bahkan, kadar antibodinya telah meningkat sejak 14 hari pasca penyuntikan pertama.

''Pada ibu yang telah vaksinasi Covid-19 ditemukan kadar antibodi slgA spesifik SARS-CoV-2 dalam ASI meningkat pesat dalam waktu 14 hari pasca vaksinasi dosis pertama, semakin kuat setelah minggu ke-4 dan terukur lebih tinggi pada minggu ke-5 dan ke-6,'' terangnya.

Baca Juga: Ibu Menyusui, Lansia dan Kelompok Komorbid Boleh Divaksin Covid-19, Begini Prosedur dari Kemenkes

Dalam dua kondisi tersebut, pihaknya berharap agar dukungan dan semangat terhadap ibu menyusui untuk memberikan ASI Eksklusif kepada buah hatinya terus digalakkan terutama saat pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x