Sudah Tahu Belum? Ini Beragam Manfaat Jika Anda Mengonsumi Daun Pandan

- 14 November 2020, 17:38 WIB
Ilustrasi tanaman pandan wangi.
Ilustrasi tanaman pandan wangi. /Pixabay/Bishnu Sarangi

PRFMNEWS – Anda pasti tahu daun pandan, tumbuhan yang kerap dijadikan pelengkap dalam sajian makanan karena memiliki aroma yang khas ini ternyata menyimpan sejumlah manfaat.

Daun pandan memiliki bentuk pipih dan panjang ini selain bisa digunakan sebagai pewarna alami pada makanan. Daun pandan juga memiliki khasiat yang baik bagi tubuh di lansir dari drhealthbenefits.com, di antaranya:

  1. Menurunkan tekanan darah

Gejala umum tekanan darah tinggi ialah merasa lelah dan pusing. Tekanan darah tinggi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit stroke. Salah satu alternatif menurunkan tekanan darah tinggi ialah dengan rebusan air daun pandan. Caranya anda cukup merebus 10 gram daun pandan dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air mulai berkurang setelah itu minumlah rutin setiap pagi.

Baca Juga: Indonesia Ternyata Miliki Banyak Jenis Bubur, Sudah Coba Semua?

  1. Membasmi ketombe

Ketombe dapat mengganggu aktifitas anda dengan rasa gatalnya dan belum lagi jika ketombe jatuh mengotori pakaian anda, bukan hanya mengganggu penampilan juga mengganggu kenyamanan anda. Untuk membasminya anda bisa menggunakan daun pandan.

Caranya anda haluskan 10 lembar daun pandan lalu campurkan dengan 100 ml air. Lalu usapkan ke seluruh kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum  dibilas dengan air atau keramas. Tak hanya untuk membasmi ketombe, daun pandan juga dapat menyehatkan rambut anda.

  1. Mengatasi saraf yang melemah

Saraf yang lemah ditandai dengan seringnya mengalami kram. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan daun pandan sebagai penawarnya. Caranya anda cukup rebus 3 lembar daun pandan dengan 3 gelas rebus hingga air mulai menyusut hingga 2 gelas. Diamkan hingga dingin dan minumlah rutin pada pagi dan sore sampai rasa kram mereda.

  1. Membantu fungsi hati

Hati memili fungsi untuk menghilangkan racun. Namun jika anda mengonsumsi makanan dan memiliki kebiasaan yang tidak sehat, hati akan bekerja lebih keras atau bahkan kinerjanya akan berkurang. Untuk bisa membantu kinerja hati anda bisa menggunakan daun pandan sebagai alternatif. Juga jalanilah pola hidup dan makan yang sehat.

Baca Juga: Komedo Membandel? Ini 5 Cara Mudah Menghilangkannya

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x