Suka Menari? Ternyata Ini 5 Dampak Positif dari Menari

- 13 November 2020, 16:18 WIB
Sejumlah mahasiswa jurusan tari ISBI Bandung tengah mengikuti kuliah praktek di Taman Budaya Jabar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat
Sejumlah mahasiswa jurusan tari ISBI Bandung tengah mengikuti kuliah praktek di Taman Budaya Jabar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat /Kiki kurnia/

PRFMNEWS - Di masa pandemi ini menari menjadi sebuah kebiasaan baru yang sering dilakukan oleh seseorang. Terlihat dari kanal media sosial seperti TikTok, bertebaran para pengguna melakukan tarian sambil diiringi oleh sebuah musik.

Walaupun hal tersebut sebagai sebuah hiburan semata, ternyata menari memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Apa saja manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh dari menari?

Simak penjelasan di bawah ini sebagaimana dikutip prfmnews.id dari Heatlhline.

Baca Juga: Manfaat Nanas yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Bisa Kurangi Risiko Kanker

Membantu Menyehatkan Jantung

Ketika tubuh melakukan gerakan menari maka secara otomatis akan memberikan latihan pada jantung. Baik itu gerakan yang dilakukan dengan instensitas selama 150-300 menit per pekan ataupun selama 75-150 menit per pekan dengan instensitas yang tinggi. Gerakan menari akan memompa jantung untuk lebih cepat dalam berdetak, sehingga dapat membantu agar jantung menjadi sehat.

Melatih Keseimbangan dan Kekuatan Tubuh

Kegiatan sehari-hari seperti berjalan, naik-turun tangga ataupun latihan yang umum seperti berolahraga menggunakan treadmill ataupun mengendarai sepeda hanya dapat melatih tubuh pada beberapa bagian saja. Sedangkan menari dapat melatih seluruh gerakan pada tubuh seperti bergerak secara lateral dan juga rotasi. Sehingga tidak hanya dapat menguatkan tubuh sekaligus dapat membantu dalam melatih keseimbangan tubuh.

Meningkatkan Kinerja Kognitif

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x