Manfaat Nanas yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Bisa Kurangi Risiko Kanker

- 13 November 2020, 16:10 WIB
salah satu buah untuk menyembuhkan penyakit diare adalah nanas
salah satu buah untuk menyembuhkan penyakit diare adalah nanas /

PRFMNEWS – Nanas menjadi salah satu buah-buahan yang kerap menjadi pilihan bagi masyarakat umtuk melengkapi kadar vitamin dalam dirinya.

Sebagaimana diketahui, Buah nanas biasa dikonsumsi langsung tanpa diolah dan juga bisa melalui proses pengolahan sebelum dikonsumsi.

Khususnya bagi masyarakat Indonesia, buah nanas yang dimakan tanpa diolah biasanya dijadikan menjadi rujak. Namun, tahukah Anda? Ternyata nanas memiliki banyak manfaat di antaranya:

Baca Juga: Jelang Libur Panjang Nataru, Dishub Jabar Lakukan Pengecekan Jalur

  1. Menangkal penyakit

Dalam buah nanas terkandung antioksidan. Antioksidan adalah molekul-molekul untuk melawan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah suatu kondisi dimana dalam tubuh terdapat banyak radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menjadi pemicu banyaknya penyakit dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi nanas, anda dapat membuat perlindungan dari penyakit.

  1. Melancarkan pencernaan

Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mempermudah proses pencernaan. Bromelain dalam tubuh akan beraksi untuk memecah molekul protein menjadi fondasi pembangunnya seperti asam amino dan peptida kecil. Setelah terpecah usus kecil akan lebih mudah untuk mencerna. Terutama bagi anda yang memiliki insufisiensi pankreas. Yaitu suatu kondisi pankreas tidak dapat memproduksi enzim pencernaan.

Baca Juga: Jack Brown Hingga Rendy Julansyah Masuk dalam 38 Pemain yang Ikuti TC di Jakarta

  1. Mengurangi risiko kanker

Kanker adalah salah satu menyakit yang berbahaya karena terjadi pertumbuhan sel secara tak terkendali. Sel kanker menyebar dikarenakan stres oksidatif dan peradangan kronis. Jika anda rutin mengkonsumsi nanas, anda tidak akan mudah terjangkit kanker dan peradangan kronis.

  1. Makanan pendamping diet,

Nanas bisa diolah menjadi apa saja, bahkan jika hanya dibuang kulitnya saja dan langsung dimakan akan terasa asli buah segarnya. Buah nanas dapat diolah menjadi smoothies, jus dan lain lain. Ada beberapa rekomendasi hidangan yang berbahan utama nanas seperti,

Editor: Haidar Rais

Sumber: healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x