Manfaat Membacakan Dongeng Kepada Anak Sebelum Tidur

- 12 November 2020, 17:48 WIB
ILUSTRASI tidur.*
ILUSTRASI tidur.* /Pixabay/

PRFMNEWS - Membacakan dongeng menjadi salah satu kebiasaan yang biasa orang tua lakukan saat menemani anaknya yang akan tidur. Beragam dongeng pun kerap dibacakan, seperti cerita rakyat, fabel dan cerita fantasi.

Namun tahukah Anda, ternyata selain dapat menjadi pengantar tidur, membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur juga memiliki segudang manfaat lho. Dikutip prfmnews.id dari Medium, berikut ini penjelasannya.

  1. Memperluas Kosakata

Membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur membantu anak mempelajari kata-kata baru. Anak bisa saja pertama kali mendengar kata-kata tersebut, maka ini dapat memperluas kosakata yang dikuasai anak.

Namun, penting untuk menjelaskan semua kata baru tersebut kepada anak. Ini untuk memastikan anak dapat memahami artinya dan menggunakannya dengan baik dan benar.

Baca Juga: Kebakaran Landa Gudang Kapas di Kota Bandung, Kerugian Ditaksir Lebih dari Rp1 Miliar

  1. Mengembangkan Kemampuan Berbicara

Ketika Anda membacakan sebuah dongeng, bisa jadi anak akan meniru perkataan Anda dan ini baik untuk mengembangkan kemampuan bicara. Oleh karena itu penting untuk orang tua saat membacakan dongeng, melafalkan semua kata dengan jelas dan benar.

  1. Mengembangakan Kemampuan Umum

Selama dibacakan dongeng, anak akan belajar mendengarkan, menganalisis, berimajinasi, dan mengalami emosi yang berbeda. Semua itu baik untung mengembangkan kemapuan anak dan membentuk kepribadian yang harmonis.

  1. Meningkatkan Hubungan dengan Orang Tua

Ketika membacakan dongeng untuk anak, Anda akan menghabiskan waktu cukup lama bersama sang buah hati. Ini akan membuat anak merasakan kehangatan cinta dan kasih sayang Anda. Dengan demikin ini dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak.

Baca Juga: Bandung Menanam Jilid II, Pemkot Tanam 21.600 Bibit Pohon

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x