Banyak yang Belum Tahu! Ini 9 Manfaat Timun untuk Kesehatan

- 19 Juli 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi timun.
Ilustrasi timun. //Pixabay.com/stevepb



PRFMNEWS - Timun atau mentimun merupakan sejenis buah yang memiliki ukuran memanjang dengan warna hijau. Meski dianggap sebagai buah, namun nyatanya timun justru memiliki perlakuan selayaknya sayur.

 

Timun juga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis buah ini mengandung nutrisi, sangat rendah kalori dan juga mengandung banyak air dan serat.

Mentimun biasanya diolah bersama dengan bahan-bahan lain seperti saus salad atau dressing yang mungkin mengandung lemak dan gula yang tinggi. Jadi sebaiknya pilih mentimun yang segar.

Baca Juga: Apakah Timun Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes dan Tidak akan Menaikkan Gula Darah? Simak Jawaban dr. Cahyo

Melansir The Canadian Encyclopedia, timun sebetulnya sudah aktif dibudidayakan selama kurang lebih 3000 tahun di Asia Barat, bahkan termasuk Tiongkok dan kemudian menyebar ke daratan Eropa seperti Yunani dan Italia.

Ada pula catatan yang mengatakan bahwa timun sudah mulai muncul di Prancis pada abad-9 dan kemudian Inggris pada abad-14. Dengan demikian, jelaslah bahwa memang keberadaan timur sudah ada sejak lama.

Timun tentu saja dianggap sebagai salah satu komoditas yang cukup menjanjikan. Hal ini karena memang pemanfaatan timun juga cukup besar pada berbagai aspek. Tak heran jika ada banyak negara yang menjadikan timun sebagai komoditas utamanya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x