Muhammadiyah Lebaran 21 April 2023, Sudah Sholat Ied, Wajib Sholat Jumat atau Boleh Diganti Sholat Dzuhur?

- 20 April 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi sholat
Ilustrasi sholat /Pexels/Monstera/

PRFMNEWS – PP Muhammadiyah telah mengumumkan 1 Syawal 1444 H penentu Lebaran Idul Fitri 2023 jatuh pada Jumat 21 April.

Lalu, kalau sudah Sholat Idul Fitri atau Ied pada pagi hari, apakah masih wajib Sholat Jumat di siang harinya atau boleh diganti dengan Sholat Dzuhur?

Bagaimana hukum Sholat Jumat yang bersamaan dengan pelaksanaan Sholat Id seperti yang akan dilakukan warga Muhammadiyah pada Lebaran Idul Fitri 21 April 2023?

Baca Juga: Besok, Lapang Softball Lodaya Bandung Jadi Lokasi Jamaah Muhammadiyah Sholat Idul Fitri 1444 H

Terkait hukum melaksanakan Sholat Jumat siang hari setelah Sholat Ied pada pagi harinya karena Lebaran Idul Fitri jatuh pada hari yang sama salah satunya termaktub dalam Surat Edaran PP Muhammadiyah Nomor 06/EDR/I.0/E/2020 Tanggal 03 Zulkaidah 1441 H/24 Juni 2020 M.

Dalam Edaran Muhammadiyah tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan ketentuan hadis-hadis, Sholat Jumat yang akan jatuh bersamaan dengan Sholat Id pada Jumat, 1 Syawal 1444 H/21 April 2023 dapat diganti dengan Sholat Dzuhur.

Bukan hanya Idul Fitri, hukum berdasarkan rukhsah (pengecualian dari hukum yang sudah ditetapkan dan berlaku umum/keringanan) serupa juga berlaku jika Sholat Ied Lebaran Idul Adha jatuh pada hari Jumat.

Baca Juga: Muhammadiyah Paparkan Hukum Shalat Jumat yang Bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri

Dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, rukhsah untuk tidak menghadiri Sholat Jumat pada hari Jumat di siang harinya yang bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha berdasarkan hadis-hadis di bawah ini:

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x